Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Sakit Punggung pada Ibu Hamil

Sakit Punggung pada Ibu Hamil
Sakit Punggung pada Ibu Hamil memang hampir selalu dialami oleh wanita, namun hal ini tetap harus tetap mendapat perhatian khusus. Karena kesehatan Ibu Hamil adalah hal yang utama, agar kondisi kesehatan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan juga tetap maksimal.

Sakit Punggung pada Ibu Hamil, biasanya disebabkan karena kenaikan berat badan dan hormon tubuh yang mengendurkan otot-otot serta ligamen di seluruh bagian tubuh wanita. Anda tidak perlu khawatir karena secara umum, sakit punggung ini bisa dicegah dan diobati dengan cara, sebagai berikut:

Melatih sikap tubuh yang baik

Perkembangan janin di dalam kandungan yang semakin membesar, menyebabkan gravitasi tubuh akan berpindah ke depan. Dan untuk mengimbangi masalah ini, anda Untuk mencegah resiko sakit punggung dengan prinsip sikap tubuh yang baik, baik itu saat berdiri atau duduk.

Apabila anda harus berdiri dalam  waktu yang lama, istirahatkan salah satu kaki di bangku kecil yang rendah, dan istirahatlah sampai beberapa waktu. Saat harus duduk lakukan dengan hati-hati. Gunakan kursi yang dapat menopang punggung ibu hamil, atau letakan bantal kecil di bagian belakang punggung bawah Anda.

Penggunaan pakaian yang tepat

Ibu hamil yang bekerja sebaiknya menggunakan sepatu hak rendah yang didukung dengan lengkungan sepatu yang baik. Pakaian yang digunakan sebaiknya juga khusus untuk ibu hamil, dengan ikat pinggang rendah dan suportif.

Posisi yang tepat saat mengangkat benda

Ketika akan mengangkat benda kecil, berjongkoklah terlebih dahulu lalu angkat menggunakan kaki, dam jangan menekuknya di bagian pinggang atau angkat dengan punggung Anda. Dan angkatlah barang yang menurut anda ringan, apabila berat silahkan minta bantuan.

Tidur Miring

Tidur miring dengan meletakan satu bantal diantara lutut atau bagian tubuh lain di bawah perut juga dapat membantu posisi tidur diketahui dapat mengurangi resiko Sakit Punggung pada Ibu Hamil.

Lakukan Senam Hamil

Senam hamil diketahui dapat meningkatkan kondisi fisik ibu hamil, sehingga mereka akan lebih bugar. Gerakan senam hamil yang dilakukan rutin dan tidak terlalu lama bisa membantu mengatasi sakit punggung selama hamil.

Sakit punggung juga bisa menjadi indikasi ibu hamil akan segera melahirkan. Hal ini dapat dibedakan apabila rasa sakit begitu kuat disertai pendarahan vagina. Namun apabila tanda-tanda ini dirasakan saat usia kehamilan masih muda atau belum mendekati HPL, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

Ringkasan
  • Sakit Punggung pada Ibu Hamil disebabkan karena beban berat bayi yang semakin bertambah,
  • Melatih sikap tubuh yang baik, Penggunaan pakaian yang tepat, Posisi yang tepat saat mengangkat benda, Tidur Miring, Senam Hamil dapat mengurangi resiko sakit punggung pada ibu hamil.

Post a Comment for "Mengatasi Sakit Punggung pada Ibu Hamil"