Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh atau Muntah ASI pada Bayi

Penyebab Gumoh atau Muntah ASI pada Bayi
Gumoh atau Muntah ASI pada Bayi biasanya terjadi sesaat setelah bayi disusui. Fenomena ini, akan berkurang dengan bertambahnya usia bayi, yaitu di usia 2–16 minggu. Hal yang biasa terjadi pada bayi ini, harus ditangani dengan tepat agar tidak menyebabkan efek buruk bagi Kesehatan Bayi.

Adapun Penyebab Gumoh atau Muntah ASI pada Bayi bermacam-macam yang diantaranya adalah:
  • Penyebab Gumoh paling umum adalah lambung bayi masih kecil, sehingga tidak mampu menampung ASI yang diminum. Dan akan semakin meningkat, apabila bayi anda senang menggeliat pada waktu menyusu. Gerakan tersebut meningkatkan tekanan dalam perut. Gumoh masih normal, selama jumlahnya tidak melebihi cairan yang saat itu telah dikonsumsi.
  • Klep penutup lambung bayi belum sempurna juga menjadi pemicu terjadinya muntah ASI pada Bayi. klep yang belum sepenuhnya berfungsi sempurna, menyebabkan bayi muntah apabila setelah menyusui langsung ditidurkan. Dan untuk mengatasi hal ini, makan bertikan ASI sedikit demi sedikit.
  • Bayi yang menangis berlebihan akan membuat udara yang tertelan juga berlebihan, sehingga sebagian isi perut bayi akan kembali keluar. Apabila bayi anda menangis karena tidak bisa menelan ASI dengan sempurna, jangan teruskan pemberian ASI. Hal ini bertujuan agar ASI tidak masuk masuk dan menyumbat saluran napas.
Cara Sederhana Mengatasi Gumoh atau Muntah ASI pada Bayi

Agar tidak mengganggu kesehatan bayi yang lebih parah dan pertumbuhan bayi lebih maksimal, Gumoh pada Bayi bisa diatasi dengan cara-cara sederhana sebagai berikut:
  • Pastikan menyusu anda sudah benar, seluruh bibirnya menutup puting susu serta daerah berwarna hitam di sekitarnya (aerola) payudara.hal ini bertujuan agar udara yang masuk dan tertelan selama menyusu tidak terlalu banyak.
  • Apabila Muntah ASI terjadi berlebihan, tengkurapkan bayi agar udara yang terperangkap di lambung lebih mudah keluar. Dan terhindar dari masuknya cairan ke paru-paru.
  • Takaran ASI yang diberikan kepada Bayi dengan sedikit-sedikit, disendawakan, lalu minumkan lagi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi udara yang masuk ke lambung.
  • Apabila buah hati anda mengalami gumoh secara teru menerus dan dalam jumlah yang banyak, segera konsultasikan ke dokter anak untuk mendapatkan penyebab pasti muntah susu tersebut. Karena bisa jadi bayi anda menderita alergi.
Ringkasan:
  • Penyebab Gumoh atau Muntah adalah lambung masih kecil, klep penutup lambung belum berfungsi sempurna dan menangis berlebihan,
  • Cara Mengatasi Gumoh sederhana adalah posisi menyusui harus benar dan memberikan ASI secara sedikir demi sedikit.

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh atau Muntah ASI pada Bayi"