Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengobati Diare dengan Cara Alami

Diare adalah Gangguan Kesehatan ringan tapi cukup mengganggu aktifitas. Hal ini dikarenakan, konsentrasi bisa terganggu karena harus bolak-balik ke WC untuk buang air besar. Dan untuk mengobati Diare, berdasarkan survai sebanyak 1.981 orang memilih minum obat,  979 orang memilih untuk mengkonsumsi teh, 472 mengatasi diare dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu seperti salak dan pisang dan 387 orang memilih mengatasi diare dengan mengkonsumsi pucuk daun jambu biji.

Survai yang melibatkan 3.819 orang ini dilakukan kepada masyarakat yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Penyebab Diare pada anak-anak yang paling sering disebabkan karena infeksi rotavirus, infeksi bakteri, parasit atau jamur dan alergi. Sedangkan pada orang dewasa penyebab Diare paling banyak adalah adanya infeksi bakteri (karena salah makan misalnya) dan faktor stres.

Saat stress, tubuh orang dewasa akan merangsang usus untuk meningkatkan gerakan peristaltik yang bisa menjadi penyebab diare. Sehingga terkadang saat stress (akan presentasi atau ujian), beberapa orang akan mulas dan diare.

Bagi anda yang ingin mengobati diare tanpa obat, bisa dengan menjalankan metode diet BRAT, (Banana, Rice, Applesauce, Toast). Dan saat ini banyak yang memodifikasi diet BRAT menjadi diet BRATTY, di mana ditambah Tea dan Yoghurt.

Pisang dan apel mengandung kaolin, pektin, serta kalium yang berfungsi untuk memadatkan tinja dan menyerap racun. Beras dan toast mengandung banyak serat yang dapat mengurangi gejala diare. Yoghurt mengandung banyak bakteri baik yang akan membantu pencernaan. Sedangkan Teh mengandung tanin yang dapat meredakan diare. Namun tentu jangan tambahkan Gula pada Ramuan Pereda Diare ini, karena gula justru dapat memicu diare.

Ringkasan:
  • Lebih dari 50% penderita diare memilih untuk mengobati gangguan kesehatanny dengan menggunakan obat,
  • Obat Alami yang banyak dipilih untuk Mengobati Diare adalah minum Teh, Makan Pisang dan Salak, serta pucuk daun biji.

Post a Comment for "Mengobati Diare dengan Cara Alami"