Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertolongan pada Orang yang Mengalami Overdosis Alkohol

Pertolongan Over Dosis Alkohol
Alkohol terdapat pada minuman yang banyak beredar dan dikonsumsi dalam masyarakat sampai saat ini. Kadar alkohol pada minuman tersebut mulai dari yang rendah sampai dengan yang berkadar tinggi, dari minuman harga murah sampai yang berharga jutaan rupiah. Minum minuman beralkohol ini, dapat mengakibatkan mabuk / overdosis alkohol, karena disebabkan kadar ethanol yang ada di dalamnya.

Etanol merupakan bahan aktif bersifat racun yang ada dalam semua jenis minuman beralkohol. Zat ini dapat memperlemah dan menekan aktifitas sistem saraf pusat manusia (otak dan sumsum tulang belakang). Anda tentu mengetahui bahwa oragan ini berfungsi mengontrol kemampuan psikomotorik seperti koordinasi dan reaksi gerak tubuh manusia.

Reaksi lain dari Etanol adalah mengganggu aktifitas anggota tubuh seperti kemampuan berbicara, mengurangi pendengaran dan pergerakan mata. Alkohol juga dapat mengurangi tingkat kesadaran perilaku dan kontrol diri yang mengkonsumsinya secara berlebihan.

Mengkonsumsi minuman beralkohol menyebabkan perasaan senang yang semu, bereaksi seperti perangsang tubuh atau stimulan, namun sebenarnya alkohol adalah penyebab depresi (depressant) pada manusia. Terlepas dari besarnya dampak negative minuman beralkohol bagi tubuh, yang memang sampai saat ini masih banyak yang mengkonsumsinya karena alas an tertentu. Kami akan memberikan cara memberikan pertolongan pertama bagi seseorang yang mengalami Overdosis Alkohol.

Adapun seseorang dengan gejala overdosis alkohol adalah koordinasi berkurang, bicara meracau, pernapasan tidak normal, cenderung tidak sadar, mata memerah bahkan ada kemungkinan terjadi koma.

Dan apabila ada orang disekitar anda mengalami gejala-gejala tersebut, atau bahkan sudah dapat dipastikan bahwa dirinya mengalami Overdosis Alkohol, segera lakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Apabila korban tertidur dengan denyut nadi dan pernapasan normal, bangunkan dengan cara mengguncang-guncangkan tubuh atau memanggilnya. Untuk Gejala Overdosis Alkohol seperti ini, korban tidak membutuhkan penanganan darurat.
  2. Letakkan korban di tempat yang aman, agar tidak melukai diri sendiri dan orang disekitar sambil terus dipantau keadaannya.
  3. Setelah terbangun segera minumkan 500 ml air kelapa atau air putih. Cairan ini akan membantu mengurangi dehidrasi dan menyegarkan tubuh serta meningkatkan jumlah elektrolit dan kadar glukosa dalam darah, sehingga penderita akan cepat pulih.
  4. Selain air kelapa, meminum air dari acar juga bisa mengurangi resiko kerusakan hati akibat over dosis alkohol. Kentang goreng, madu dan susu juga dipercaya mampu mengurangi gejala mabuk atau over dosis alkohol.
  5. Apabila korban tidak sadarkan diri dalam waktu cukup lama, tidak bisa dibangunkan dan pernapasannya terlihat tidak normal atau korban dalam keadaan koma, anda harus menjaga agar jalur pernapasannya tetap lancer dan segera korban ke rumah sakit.
Ringkasan:
  • Minuman Beralkohol / minuman keras mengandung ethanol yang dapat menyebabkan mabuk dan overdosis,
  • Pertolongan Pertama Orang yang Mengalami Overdosis Alkohol adalah dengan memberikan minum air putih atau air kelapa,

Post a Comment for "Pertolongan pada Orang yang Mengalami Overdosis Alkohol"