Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertolongan Pertama pada Mimisan yang Benar

Obat Alami Mimisan
Mimisan atau Hidung berdarah disebabkan oleh beberapa faktor, seperti akibat trauma karena pukulan yang mengenai area hidung, iritasi pada membran mukosa hidung yang disebabkan karena penderita berusaha mengeluarkan sesuatu secara berulang dari rongga hidung, karena adanya elergi dan karena infeksi. Kondisi mimisan memang jarang terjadi, namun bagi beberapa orang (penderita elergi), bisa berkali-kali mimisan bahkan dengan tanpa sebab yang jelas.

Kebanyakan perdarahan hidung atau mimisan yang terjadi pada anak-anak tidak berbahaya. Namun apabila mimisan terjadi pada orang tua atau orang dewasa, bisa menjadi masalah serius dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

Apabila anda atau ada orang di sekitar anda yang mengalami hidung berdarah atau mimisan, segera lakukanlah langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Mintalah penderita mimisan untuk duduk rileks dengan posisi badan condong ke depan. Biarkan mulut tetap terbuka, dengan tujuan darah tidak menutup jalur pernapasan.
  2. Pencet hidung di bagian bawah tulang hidung pada bagian ujungnya selama 15 menit, lalu lepas secara berlahan.
  3. Jangan sampai korban melesitkan ingus, dan apabila perdarahan masih terjadi, pencet hidungnya lagi selama 5 menit dan pastikan korban tidak menelan darah yang keluar dari hidung. Hal ini karena dapat memicu mual dan muntah.
  4. Ambil kain basah atau bungkus es dengan kain dengan kain, lalu tempelkan pada hidung dan muka korban, dengan tujuan mempersempit pembuluh darah.
  5. Apabila perdarahan terus terjadi dan ada indikasi patah tulang, segera bawa ke unit penanganan gawat darurat untuk mendapatkan pemeriksaan medis.
Ringkasan:
  • Mimisan disebabkan karena adanya benturan, iritasi pada membran mukosa hidung, infeksi atau karena alergi,
  • Menghentikan darah mimisan bisa dilakukan dengan menekan hidung atau mengompres hidung dengan es

Post a Comment for "Pertolongan Pertama pada Mimisan yang Benar"