Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beragam Faktor Penyebab Vertigo

Penyebab Vertigo
Vertigo adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan berputar disekitar pasien, yang biasanya disertai mual, muntah, keluar keringat dingin, atau telinga berdenging. Yang perlu anda pahami, adalah Vertigo bukanlah suatu penyakit namun merupakan gejala suatu penyakit yang disebabkan karena faktor neurologik, psikogenik, otologik, sistemik dan faktor fisiologik. Dengan pengelompokan ini maka pengobatan vertigo akan lebih efektif dan efisien.

Faktor neurologik penyebab Vertigo, terjadi karena terjadinya gangguan peredaran darah pada sistema  vertebrobasiler, gangguan pada otak kecil, gangguan sirkulasi cairan otak, neuropati, cedera/trauma kepala, gangguan visus, trauma leher, multiple sklerosis, epilepsi vestibuler, vertigo servikalis, atau juga bisa disebabkan karena adanya tumor otak (neuroma akustikus). Gangguan peredaran darah pada sistema vertebrobasiler bisa disebabkan karena adanya sumbatan atau plak atherosklerosis yang terdapat pada sistema tersebut sedangkan vertigo post trauma bisa terjadi karena kecelakaan lalu lintas.

Faktor psikogenik Penyebab Vertigo, sering disebut sebagai vertigo psikogenik atau psychiatric dizziness/functional dizziness. Faktor ini biasa terjadi pada orang yang mengalami depresi, cemas, panik, fobia atau gangguan psikosomatis.

Vertigo disebabkan karena Faktor otologik, bisa terjadi karena benigna paroxysmal positional vertigo (bppv), meniere disease, infeksi telinga, gangguan pada bagian-bagian dalam telinga. Faktor Penyebab Vertigo ini adalah yang paling sering terjadi, dengan gejala berputar, muncul secara tiba-tiba pada miring ke satu sisi, bangkit dari tidur, menunduk atau menengadah. Gejala ini berlangsung dalam waktu relatif singkat, dan disertai mual atau muntah.

Faktor sistemik menjadi penyebab vertigo, yang terjadi karena adanya gangguan kardio vaskuler, peningkatan atau penurunan kadar gula darah, infeksi tubuh ataupun karena intoksikasi obat yang dikonsumsi. Gangguan kardio vaskuler bisa disebabkan karena kenaikan atau penurunan tekanan darah, adanya aritmia kordis, atau penyakit jantung koroner.  Adapun beberapa obat-obatan yang pernah dilaporkan memicu gangguan vestibuler, adalah; kloroform, guanidin, kokain, salisilat dosis tinggi, gentamisin, streptomisin, tobramisin, cisplatin dan kloroquin.

Faktor fisiologik, terjadi karena seseorang melihat dari ketinggian atau karena mabuk gerakan karena naik kendaraan diatas air, kendaraan darat, kendaraan udara, atau mainan yang berputas.

Adapun cara mudah mengatasi mabuk gerakan yang juga dapat memicu vertigo adalah dengan cara:
  • Meningkatkan kepercayaan diri, bahwa anda bukanlah penderita mabuk gerakan
  • Duduk disamping sopir atau di bangku samping agar bisa melihat kerah jauh.
  • Lakukan kegiatan fisik dan mental, sehingga dapat mengalihkan perhatian dari rangsangan gerakan yang memicu mabuk gerakan.
  • Lebih sering naik kendaraan yang memabukkan, agar lebih terbiasa.
  • Hindari kendaraan sering berubah kecepatan, dan sering membelok.
Ringkasan:
  • Vertigo bukan suatu penyakit, namun gejala suatu penyakit yang disebabkan karena beberapa faktor Gangguan Kesehatan,
  • Faktor Gangguan Kesehatan,Penyebab Vertigo adalah faktor neurologik, psikogenik, otologik, sistemik dan fisiologik,

Post a Comment for "Beragam Faktor Penyebab Vertigo"