Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Daun Sirsak Tidak untuk Mengobati Kanker

Manfaat Daun Sirsak untuk Penyakit Kanker
Manfaat Daun Sirsak dipercaya banyak orang bahkan beberapa pasien sebagai salah satu alternatif untuk mengobati kanker yang mereka derita. Bahkan, beberapa sumber juga mengatakan daun sirsak Mempunyai sifat seperti kemoterapi yang mempu membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal (kanker), dan tetap menjaga sel-sel yang normal.

Namun Menurut, Prof. DR. dr. Soehartati G.,Sp.Rad(K) Onk.Ra, yang merupakan Kepala Departemen Radioterapi, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), sirsak memang buah yang mengandung antioksidan, dan vitamin C tinggi, dan sejauh ini belum ada bukti penelitian yang cukup kuat mengenai manfaat daun sirsak sebagai obat kanker.

Sehingga untuk memberikan kesimpulan, apakah suatu obat atau ramuan tertentu bermanfaat atau tidak terhadap suatu penyakit membutuhkan penelitian yang panjang, sehingga benar-benar bisa dibuktikan dengan bukti yang otentik berdasarkan penelitian dan pengamatan.

Sedangkan Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, SpGK, sebagai Spesialis Gizi Klinik RSCM, juga menyatakan pendapat yang sama mengenai khasiat daun sirsak.  Beliau mengatakan “Pada umumnya, buah dan sayuran memang mengandung antioksidan yang tinggi, namun Antioksidan tersebut berfungsi untuk mencegah, bukan untuk mengobati.

Beliau juga mengaku pernah mendengar informasi mengenai khasiat daun sirsak yang bisa digunakan untuk mematikan sel-sel kanker, namun memang untuk membuktikan hal tersebut diperlukan penelitian lebih lanjut.

Sampai saat ini para dokter belum menganjurkan penggunaan daun sirsak sebagai obat kanker, karena memang harus dilakukan penelitian yang lebih spesifik. Mula dari penelitian yang diujicobakan kepada binatang, manusia, jangka pendek dan jangka panjang.

Ringkasan:
  • Manfaat Daun Sirsak adalah sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh,
  • Daun Sirsak belum terbukti berdasarkan penelitian mampu mengobati penyakit kanker,
  • Selain daun sirsak buah-buahan dan sayur-sayuran juga banyak yang mengandung antioksidan tinggi.

Post a Comment for "Manfaat Daun Sirsak Tidak untuk Mengobati Kanker"