Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Senam Yophytta untuk Ibu Hamil

Gerakan Senam Yophytta
Senam Hamil dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil, sekaligus melancarkan proses persalinan. Salah satu senam yang juga dilakukan oleh ibu hamil adalah Senam Yophytta. Senam Hamil ini merupakan gabungan antara Yoga, Hypnoteraphy, Pilates, dan Tai Chi, sehingga apabila dilakukan secara teratur akan membuat tubuh Ibu Hamil menjadi lebih sehat, bugar, dan mempermudah proses persalinan. Adapun perbedaan senam hamil biasa dengan Yophytta adalah senam biasa menekankan gerakan fisik saja, namun Senam Yophytta menggabungkan latihan fisik, mental, dan spiritual ibu hamil.

Senam Yophytta bisa mulai dilakukan pada usia kehamilan 5 bulan, dengan durasi latihan 1 – 1,5 jam perhari. Dan pada senam ini terdapat dari persiapan Mental dan spiritual saat proses persalinan, sehingga dapat mengurangi kekhawatiran yang berkaitan dengan proses kelahiran yang akan dia alami. Dengan senam Yophytta diharapkan ibu hamil akan mempunyai kemampuan berpikir positif, menghilangkan stres, menjaga kestabilan emosi, dan mengurangi keluhan selama hamil (nyeri sendi,sakit pinggang, dan morning sickness).

Untuk manfaat fisik, Senam Yophytta dapat memperkuat elastisitas otot dasar panggul dan dinding perut yang tentu sangat berperan terhadap kehamilan dan persalinan. Senam Yophytta dilakukan untuk menarik lebih banyak energi ke dalam tubuh Ibu Hamil melalui pernafasan, dan akan disimpan dalam tubuh, sedangkan energi negatif di dalam tubuh ibu hamil dikeluarkan melalui udara yang dikeluarkan saat pernapasan. Adapun penyerapan energi positif ke dalam tubuh ini merupakan tahap pertama dalam senam Yophytta, yaitu tahap relaksasi.

Gerakan Senam Yophytta

Gerakan Senam Yophytta dimulai dengan gerakan duduk santai, dan merasakan setiap tarikan nafas. Setelah itu anda harus syukuri semua bagian tubuh dari mata hingga kaki. Di saat yang sama anda juga harus berusaha menghilangkan setiap pikiran negatif (Diri tidak sempurna, atau perasaan tidak mampu menjadi ibu yang baik).

Gerakan Senam Yophytta yang kedua adalah afirmasi (membangun pikiran positif), yang membutuhkan latihan hypnotherapy. Dengan posisi tetap duduk, ibu hamil mendengarkan berbagai kata-kata positif dari instruktur atau kata-kata Anda sendiri yang mampu memberi stimulasi positif pada pikiran itu.

Gerakan Senam Yophytta yang terakhir adalah latihan fisik, latihan peregangan, latihan untuk mempersiapkan otot dasar panggul, dan latihan otot paha bagian dalam. Salah satu gerakan yang bisa disebutkan adalah gerakan kupu-kupu, yang melatih perineum (daerah antara kedua belah paha) dan bertujuan untuk merelaksasikan daerah panggul ibu hamil. Luruskan kaki kiri, lalu gendong kaki kanan dengan tangan, dan goyangkan secara pelan-pelan.

Gerakan lain Senam Yophytta adalah gerakan kucing, yang mengajarkan Ibu Hamil saat harus mengejan saat persalinan. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan posisi merangkak, lalu melengkungkan punggung ke atas dalam beberapa hitungan, setelah itu melengkungkan punggung ke bawah, juga dalam beberapa hitungan.

Selain Gerakan Senam Yophytta, Ibu Hamil harus memperhatikan cara duduk dan berdiri agar tidak membahayakan dirinya dan janin. Saat mengangkat tubuh dari posisi duduk, libatkan kedua tangan untuk menumpu badan. Dengan cara ini anda akan terhindar dari cidera otot saat kehamilan.

Ringkasan:
  • Senam Hamil berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan mempermudah proses persalinan,
  • Senam Ibu Hamil bisa mulai dilakukan saat usia kehamilan lima bulan, dan salah satu senam hamil adalah Yophytta
  • Gerakan Senam Yophytta menggabungkan latihan fisik, mental, dan spiritual ibu hamil.

Post a Comment for "Gerakan Senam Yophytta untuk Ibu Hamil"