Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Kedelai untuk Kesehatan
Manfaat Kedelai untuk Kesehatan sangat banyak, karena salah satu jenis biji-bijian ini mempunyai protein lengkap dengan jumlah asam amino esensial yang tinggi. Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur dan diklasifikasikan sebagai biji minyak. Manfaat kedelai bersumber dari negara-negara seperti China dan Jepang, yang masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, kanker payudara, kelenjar prostat dan osteoporosis.

Adapun manfaat kedelai untuk kesehatan manusia, adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Kedelai sebagai antioksidan

Senyawa isoflavon pada Kedelai bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, karena bertanggung jawab memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan karena proses tubuh yang normal, polusi dan radiasi sinar matahari.

2. Manfaat Kedelai Untuk Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Protein dan isoflavon dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Pada sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa; konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama 9 minggu akan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.

3. Manfaat Kedelai untuk Mencegah kanker

Isoflavon pada kedelai berfungsi sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker (kanker hormon seperti itu dari rahim, kanker payudara dan kanker prostat).

4. Membalikkan efek endometriosis

Mengkonsumsi kedelai secara rutin dapat menunda aksi estrogen alami tubuh. Aksi ini bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama siklus menstruasi (perdarahan berat) dan gejala lain pada wanita.

5. Manfaat Kedelai untuk Mencegah Osteoporosis

Protein yang terdapat pada kedelai membantu untuk penyerapan kalsium dalam tulang menjadi lebih baik. Isoflavon pada kedelai berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.

6. Manfaat Kedelai untuk Mengatasi Gejala Menopause

Isoflavon pada kedelai juga dapat membantu untuk mengatur estrogen. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan penelitian yang telah menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita menopause (berhenti menstruasi).

7. Kedelai memberi efek baik pada pasien diabetes dan sakit ginjal

Kedelai mengandung protein dan serat yang dapat mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, sehingga dapat mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.

8. Manfaat Kedelai Sebagai Menu Diet Sehat

Kedelai Mengandung Kandungan serat yang tinggi sangat berguna untuk mengontrol rasa lapar. Hal ini dikarenakan adanya indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin dapat dikontrol apabila anda mengkonsumsi kedelai sebagai menu diet sehat anda. Apabila rasa lapar dapat terkontrol, maka proses penurunan berat badan lebih mudah.

Ringkasan:
  • Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan sebagai sumber biji minyak yang banyak ditemukan di Asia Timur,
  • Isoflavon pada kedelai bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, menghambat kerusakan tulang dan mengatur estrogen.
  • Manfaat Kedelai untuk Kesehatan adalah antioksidan, Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Mencegah Kanker, Osteoporosis dan Menu Diet Sehat.

Post a Comment for "Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Manusia"