Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buah Buahan yang Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah untuk Ibu Hamil
Ibu Hamil tentu membutuhkan jumlah gizi yang lebih banyak, untuk menjaga kesehatannya dan memaksimalkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Selain mengkonsumsi makanan sehat, Ibu Hamil juga sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi Buah-buahan dan sayuran, untuk memenuhi kebutuhan vitamin, enzim dan mineral.

Asupan nutrisi untuk ibu hamil tersebut harus menjadi perhatian khusus karena  akan mempengaruhi pertumbuhan janin dari setiap pekembangan usia kehamilan. Dan pada dasarnya semua buah-buahan memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Namun ada beberapa buah yang dikususkan lebih banyak dikonsumsi saat hamil, yang diantaranya adalah:

Buah Kurma, mengandung serat tinggi, mangan, kalium, fosfor, zat besi, belerang, kalsium dan magenesium yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Selain itu Buah kurma juga memiliki tingkat tinggi gula, 60-65 % dibandingkan jenis jenis buah yang lain.
  • Zat besi pada buah kurma dapat meningkatkan hemoglobin ibu hamil sehingga terhindar dari anemia.
  • Kalsium dapat mengatasi kram selama hamil.
  • Kurma memiliki jumlah vitamin B kompleks tinggi, sehingga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil,
  • Buah kurma dapat memperkuat dinding rahim,dan 
  • Memberikan energy untuk persiapan saat persalinan 
Buah Alpukat, selama ini dipercaya mampu mempercantik kulit. Namun kandungan asam folat, kalium dan vitamin B kompleks juga dibutuhkan untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Asam folat yang tinggi pada buah alpukat membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Vitamin B kompleks pada alpukat juga bisa digunakan untuk mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil muda.

Buah Manggis, mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah manggis mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil dan menjaga elastisitas kulit, sehingga mengurangi resiko strackmark. Buah Manggis juga mengandung asam folat, sehingga mengurangi resiko kelahiran bayi prematur atau kelainan janin seperti cacat organ tubuh janin sejak saat di dalam kandungan. bayi. Mangan pada buah manggis dapat melindungi janin dari radikal bebas, membantu pembentukan tulang rawan dan kerangkan janin sejak dalam kandungan.

Ringkasan:

  • Kesehatan Ibu Hamil harus terjaga agar pertumbuhan janin maksimal dan tidak terjadi kecacatan atau kelahiran prematur,
  • Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil harus dilengkapi dengan mengkonsumsi buah buahan dan sayuran segar setiap hari,
  • Buah Buahan yang Baik untuk Ibu Hamil adalah kurma, Alpukat dan Buah Manggis.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Buah Buahan yang Baik untuk Ibu Hamil"