Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendeteksi Autisme pada Anak Sejak Dini

Cara Mendeteksi Autisme pada Anak
Autisme pada Anak dianggap banyak orang tua sebagai kutukan yang memalukan keluarga. Padahal, autisme adalah gangguan perkembangan anak yang dapat diterapi dan disembuhkan. Hal ini, mengingatkan kita betapa pentingnya  informasi mengenai autisme, agar  semakin banyak anak penderita autisme yang bisa disembuhkan.

Pengobatan  Autisme pada Anak akan lebih mudah dilakukan, apabila dilakukan terapi sedini mungkin, secara intensif dan terpadu, maka anak autis akan mengalami perkembangan seperti anak normal lainnya. Hal ini tentu juga didukung, bagaimana mendeteksi Autisme sedini mungkin.

Gejala Anak Autisme

Adapun Gejala Autisme yang perlu anda waspadai adalah sebagai berikut:

Kualitas Komunikasi Buruk

Kondisi Komunikasi Buruk terdiri dari beberapa tingkatan yang diantaranya: spektrum berat, sedang, dan ringan. Spectrum ringan dan sedang,ditandai dengan anak masih mampu berkomunikasi kadang nyambung, namun kadang lompat ke hal lain dengan cepat. Sedangkan untuk spektrum berat, anak sangat sulit untuk diajak berkomunikasi.

Suka bermain sendiri    

Imajinasi memang hal yang wajar dilakukan saat usia anak-anak. Namun apabila berimajinasi sendiri dan secara berlebihan, sebaiknya orang tua mencurigai bahwa anaknya menderita autisme. Mereka mau berbagung dengan teman yang lain, namun sangat selektif.

Emosi Labil

Anak yang menderita Autisme mudah sekali marah, bahkan hal kecil dan sepele juga mampu membuat mereka mengamuk. Anak yang menderita Autisme juga cenderung mudah takut dengan hal tidak rasional (seperti melihat film lucu takut, namun ketika melihat film horor justru tidak takut).

Menyukai gerakan yang repetitif

Anak Autisme suka melihat benda berputar, seperti kipas angin. Atau ketika bermain mobil-mobilan, hanya dilihat perputaran rodanya saja. Anak yang menderita Autisme juga cenderung menyukai mainan yang sama dalam waktu lama.

Gangguan Persepsi


Anak yang menderita Autisme biasanya juga mengalami masalah alat indera, termasuk pendengaran, penglihatan, dan sentuhan. Sebagai contoh, apabila ada suara musik sedikit keras , bayi menangis atau mobil lewat, mereka akan mengeluh bising. Anak autis biasanya juga merasa tidak nyaman saat disentuh maupun memakai baju panjang.

Ringkasan:

Autisme pada Anak bisa disembuhkan dengan cara mudah, apalagi apabila telah diketahui sejak dini,
Gejala Anak Autisme adalah Menyukai gerakan yang repetitif, Gangguan Persepsi, Emosi Labil, Suka bermain sendiri , Kualitas Komunikasi Buruk
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Cara Mendeteksi Autisme pada Anak Sejak Dini"