Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stres Mengurangi Kinerja Alat Kontrasepsi

Kinerja Alat Kontrasepsi
Penggunaan Alat Kontrasepsi adalah untuk mengatur jarak kelahiran antara anak sebelumnya dengan anak yang selanjutnya. Hal ini tentu dengan berbagai alasan, namun yang paling tinggi tentu karena alasan kesehatan dan pola asuh anak yang maksimal. Kinerja Alat Kontrasepsi tentu menjadi pertimbangan pertama, saat memilih jenis kontrasepsi yang akan digunakan. Namun tentu tingkat keefektifan tersebut, juga dipengaruhi oleh banyak faktor, yang salah satunya adalah masalah stress.

Untuk mendapatkan keefektifan alat kontrasepsi yang digunakan, sebaiknya anda menghindari berbagai penyebab stres. Hal ini dikarenakan, berdasarkan penelitian stres dan depresi menyebabkan alat kontrasepsi menjadi kurang efektif.

Kondisi mental seseorang harus menjadi pertimbangan bagi para petugas kesehatan ketika memberikan pengarahan mengenai metode kontrasepsi yang akan digunakan. Bagi wanita yang beresiko tinggi menderita depresi dan stres (wanita yang bekerja, wanita tinggal di perkotaan) yang ingin mengatur jarak kehamilan lebih lama, sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang seperti IUD / Spiral.

Para peneliti menganalisa informasi dari 689 wanita yang tidak hamil berusia 18 dan 19 tahun di daerah Michigan, Amerika serikat. Mereka menjawab pertanyaan mengenai kondisi mental mereka. Setelah satu tahun kemudian para responden juga diminta mengisi jurnal mingguan mengenai berapa kali berhubungan seks dalam seminggu dan kontrasepsi apa yang digunakan.

Dari penelitian tersebut, didapatkan sekitar 25 % responden mengalami depresi berat dan 25 % mengalami stres tingkat sedang sampai berat. Secara umum 72 % dari mereka secara konsisten memakai kontrasepsi (banyak yang menggunakan kondom, KB Suntik dan pil) ketika berhubungan suami istri.

Namun pada wanita yang mengalami depresi tingkat kepatuhan memilih untuk menggunakan kondom 47 persen lebih rendah dibanding mereka yang mengalami stres lebih ringan. Konsistensi penggunaan alat kontrasepsi juga sangat rendah pada wanita yang sedang stres.

Ringkasan:
  • Alat Kontrasepsi berguna untuk mengatur jarak kehamilan dengan tujuan kesehatan dan memaksimalkan pola asuh anak,
  • Penggunaan Alat Kontrasepsi yang paling banyak digunakan adalah pil KB dan kondom,
  • Bagi wanita yang ingin menunda kehamilan dalam waktu lama, sebaiknya menggunakan KB IUD / Spiral.
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Stres Mengurangi Kinerja Alat Kontrasepsi"