Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Stimulasi P*ting Untuk Mempercepat Persalinan yang Benar

Tips Stimulasi Puting
Stimulasi P*ting (Nipple Stimulation) adalah salah satu cara yang banyak dianjurkan oleh pada tenaga medis untuk Mempercepat Persalinan Normal. Hal ini juga disarankan untuk menghilangkan perasaan deg-degan yang sering dialami ibu hamil mendekati tanggal perkiraan lahir (HPL). Perasaan khawatir ini memang wajar terjadi, karena rasa mulas saat kontraksi dan proses persalinan yang menyakitkan menjadi menghantui para ibu hamil.

Stimulasi P*ting diawali dengan gerakan melingkar, melakukan gosokan atau pijatan yang lembut pada daerah sekitar p*ting ibu hamil. Teknik akan membuat p*yudara terangsang sehingga melepaskan hormon oksitosin yang akan memicu terjadinya kontraksi. Hormon oksitosin juga membantu lancarnya proses persalinan normal dengan cara mengontrol kontraksi yang terjadi pada rahim ibu hamil menjelang persalinan. Manfaat lain dari hormon oksitosin adalah dapat mengembalikan kondisi rahim ke dalam bentuk semula sebelum hamil lebih cepat setelah persalinan.

Larangan Stimulasi P*ting

Stimulasi punting hanya bisa dilakukan pada kondisi persalinan normal, dan tidak boleh dilakukan apabila ibu hamil mengalami kehamilan beresiko seperti diabetes, tekanan darah tinggi, preeclampsia, persalinan caesar dan kondisi kehamilan berbahaya lainnya.

Teknik Stimulasi P*ting

Teknik melakukan stimulasi p*ting yang lebih spesifik hampir sama saat ibu akan menyusui bayi. Yaitu dengan cara melakukan pijatan pada seluruh aerola (bagian gelap di sekeliling p*ting), jadi bukan hanya memutar p*ting saja. Posisikan telapak tangan di bagian atas aerola kemudian lakukan gerakan yang melingkar dan bersamaan dengan itu, lakukan tekanan yang cukup lembut pada p*yudara. Lakukan Gerakan Stimulasi P*ting ini selama satu jam dengan waktu tiga kali sehari.

Untuk setiap p*yudara lakukan selama 15 menit, setelah itu ganti ke p*yudara sisi yang lain dengan waktu yang sama selama 15 menit, selanjutnya lakukan berulang hingga dalam waktu satu jam. Gerakan ini juga bisa dilakukan dengan bantuan suami anda, agar ibu hamil tidak terlalu lelah.

Stimulasi P*ting untuk Mempercepat Persalinan akan menunjukkan hasil baik apabila dilakukan saat masuk waktu bersalin, atau mendekati masa HPL, atau bahkan kehamilan lebih Bulan. Saat melakukan Stimulasi P*ting, sebaiknya anda juga memastikan bahwa leher rahim dalam kondisi sudah melunak dan menipis dan telah siap untuk pembukaan persalinan.

Adapun beberapa hal yang perlu di perhatikan saat melakukan stimulasi p*ting untuk mempercepat persalinan adalah:
  • Stimulasi p*uting tidak boleh dilakukan secara bersamaan terhadap ke dua sisi p*yudara, namun dilakukan secara bergantian.
  • Jangan melakukan Stimulasi P*ting apabila telah terjadi kontraksi dalam waktu 3 menit atau 1 menit.
  • Stimulasi P*ting Tidak boleh dilakukan selama kontraksi berlangsung.
  • Merawat P*yudara Saat Hamil agar tetap sehat dan siap untuk menyusui perlu dilakukan selama kehamilan, terutama apabila p*ting anda tersembunyi.
Ringkasan:
  • Stimulasi P*ting merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk untuk mempercepat proses persalinan normal,
  • Stimulasi P*ting akan memicu produksi hormon oksitosin yang memacu terjadinya kontraksi,
  • Gerakan Stimulasi P*ting dilakukan dengan gerakan melingkar dan agak ditekan dilakukan selama satu jam untuk kedua p*yudara secara bergantian.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Cara Stimulasi P*ting Untuk Mempercepat Persalinan yang Benar"