Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Ngupil Yang Harus Diwaspadai

Bahaya Ngupil yang perlu diwaspadai
Mengupil bagi sebagian orang adalah kegiatan yang mengasikkan. Bahkan berdasarkan survei dari peneliti Wisconsin, seseorang rata-rata mengupil 4 kali sehari. Mengupil bisa menjadi aktivitas berguna namun juga bisa menjadi aktivitas yang jorok bagi sebagian orang. Dengan Mengupil maka hidung akan terhindar dari kotoran.

Adapun Kotoran didalam hidung (upil) berasal lendir yang dihasilkan oleh membran mukosa yang telah mengering. Lendir tersebut berguna untuk mencegah debu dan benda-benda asing masuk ke dalam sistem pernapasan dalam manusia. Lendir yang mongering akan menyebabkan rasa gatal dan memicu seseorang untuk membersihkannya.

Meski mengupil menjadi kegiatan yang menyenangkan dan berguna, namun mengupil juga dapat membahayakan kesehatan dan rongga hidung. Adapun beberapa akibat terlalu sering mengupil yang membahayakan kesehatan adalah sebagai berikut:
  • Lapisan Dalam Rongga Hidung terluka, karena terkana kuku yang panjang atau bahkan jari kotor. Untuk itu pastikan sebelum mengupil, cucilah tangan terlebih dahulu dan jangan lupa memotong kuku agar rongga hidung tidak terluka.
  • Terjadi Pendarahan di Rongga Hidung, karena apabila seseorang terlalu sering mengupil, maka pelumas alami yang dibutuhkan rongga hidung agar tidak kering habis. Namun, apabila seseorang jarang mengupil, lendir yang telah bercampur dengan kotoran akan mengeras sehingga dapat menghambat pernapasan.
  • Terjadi Infeksi, karena mengupil dengan tangan yang kotor. Bahkan virus influenza sering masuk melalui aktivitas ini.
  • Rambut Hidung Rontok, sehingga virus penyakit mudah masuk ke dalam tubuh. Perlu anda ketahui, bahwa rambut yang berada pada rongga hidung berguna untuk menyaring debu dan virus penyakit yang akan mesuk ke dalam tubuh melalui lubang hidung.
  • Meninggal Dunia, karena seseorang yang ingin memaksa dan berusaha mengeluarkan upil yang besar dan keras, sehingga merusak tulang ethmoid. Tulang ethmoid adalah tulang yang memisahkan hidung dengan otak. Sehingga apabila seseorang mengupil dan tidak sengaja menusuk tulang tersebut akan menyebabkan cairan di otak bocor, sehingga memicu terjadinya meningitis (radang selaput pelindung sistem saraf pusat – otak). Anda tentu tahu bahwa penyakit ini sangat mematikan.
Setelah membaca pengetahuan diatas, sebaiknya mulai saat ini anda berhati-hati saat mengupil, jangan terlalu overacting dan terlalu kasar. Perlakukan kotoran dalam hidung dengan lembut, maka sehingga tidak akan penyakit, terlebih apabila anda ingin membersihkan ingus pada bayi, maka harus sangat berhati-hati.

Ringkasan:
  • Dalam satu hari, Seseorang rata-rata mengupil (membersihkan kotoran hidung) sebanyak 4 kali,
  • Aktivitas mengupil bisa menjadi aktivitas yang membahayakan untuk kesehatan,
  • Bahaya Mengupil diantaranya adalah lapisan rongga hidung terluka dan terjadi pendarahan, terjadi infeksi, rambut hidung rontok dan meninggal dunia,

Post a Comment for "Bahaya Ngupil Yang Harus Diwaspadai"