Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pertolongan Luka Sayatan pada Anak

Pertolongan pada Luka
Luka Sayatan pada Anak sering menjadi ancaman pada anak-anak seiring dengan perkembangan usianya. Ha ini dipicu karena rasa ingin tahu anak yang semakin besar, sehingga mendorongnya untuk melakukan aktivitas berbahaya yang berhubungan dengan lingkungan sekitar. Meski pengawasan maksimal telah anda lakukan secara maksimal, namun masih saja sanga anak melakukan aktifitas yang mengakibatkan luka sayatan.

Luka sayatan pada anak-anak bisa terjadi apabila salah satu anggota tubuh mendapat luka sayat yang disebabkan oleh benda tajam, sehingga menyebabkan kulit terbuka. Apabila luka sayatan tidak ditangani dengan benar, maka dapat menyebabkan infeksi. Karena alasan tersebut, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan mengulas, bagaimana memberikan pertolongan pertama ketika anak mengalami luka sayatan dengan memanfaatkan perlengkapan dan obat yang ada pada kotak P3K yang ada dirumah:
  1. Kurangi kecemasan anak dengan memberikan sugesti  baik agar anak tidak tegang. Yakinkan pada mereka bahwa lukanya akan segera pulih apabila ia dapat mengendalikan emosi.
  2. Setelah anak tenang, selanjutnya bersihkan bagian tubuh yang ter luka dengan menggunakan antiseptic untuk selanjutnya dilakukan pengobatan. Apabila luka cukup besar, anda bisa menggunakan salep antibiotik.
  3. Untuk mengurangi  perdarahan bisa dilakukan dengan cara menekan kuat bagian yang terluka.
  4. Selanjutnya, tutup luka dengan menggunakan kassa atau plester untuk mengurangi resiko infeksi.
  5. Apabila pendarahan pada anak belum juga berhenti, anda bisa mencoba untuk memposisikan luka sayatan lebih tinggi dari jantung. Dan apabila cara ini tidak juga berhasil menghentikan pendarahan, maka segera  bawa anak ke dokter.
Apabila luka menyebabkan anak kehilangan kesadaran, maka sebaiknya segera meminta pertolongan pertama pada ahli kesehatan terdekat. Begitupula apabila terjadi luka sayat pada lekuk tubuh yang panjang dan kedalamannya terlalu besar dan membutuhkan pertolongan medis segera .

Luka Sayatan menyebabkan kulit terkelupas, kerusakan jaringan dan pendarahan yang ringan bisa diatasi sendiri di rumah. Untuk itu di saat masa perkembangannya, tentu anak seringkali penasaran dan juga ingin mencoba dengan hal yang baru. Pada masa ini biarkan anak mengembangkan kreatifitas selama tidak membahayakan, dan tentu dengan pengawasan yang ekstra.

Ringkasan:
  • Pertolongan Luka Sayatan pada Anak bisa dilakukan dengan menggunakan perlengkapan dan obat P3K,
  • Sebelum melakukan pertolongan pada anak yang terluka, sebaiknya tenangkanlah (biar tidak menangis) dulu agar lebih nyaman,
  • Apabila Darah pada Luka Sayatan tidak juga berhenti, sebaiknya segera bawa ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.

Post a Comment for "Cara Pertolongan Luka Sayatan pada Anak"