Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Bagian Tubuh Manusia dan Fungsinya

Fungsi Tubuh Manusia
Tubuh manusia terdiri atas tubuh bagian luar dan bagian dalam. Tubuh bagian luar adalah anggota tubuh yang dapat dilihat dari luar, seperti alat indra dan alat gerak. Tubuh bagian dalam adalah bagian tubuh yang berada di dalam tubuh dan tidak dapat dilihat dari luar. Contohnya, otak, jantung, hati, paru-paru, ginjal, lambung, usus, dan rangka tubuh.

Anggota-anggota tubuh manusia atau disebut organ tidak bekerja sendiri-sendiri tetapi saling bekerja sama untuk melaksanakan fungsi tertentu di dalam tubuh. Untuk dapat melaksanakan fungsinya, beberapa organ terangkai membentuk suatu sistem organ. Sistem organ dalam tubuh manusia, antara lain sistem rangka, sistem otot, sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem peredaran darah, sistem indra, sistem saraf, dan sistem reproduksi. Sehingga agar tubuh dapat berfungsi maksimal, maka semua bagian tubuh harus dalam keadaan sehat.

Sistem-sistem yang menyusun tubuh manusia memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Sistem rangka memiliki fungsi sebagai penyokong dan pelindung organ-organ penting di dalam tubuh, seperti jantung dan paru-paru. Sistem otot berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Sistem pencernaan bekerja untuk pemrosesan makanan yang terjadi di dalam mulut, perut, dan usus. Sistem pernapasan bertugas untuk memasukkan oksigen ke tubuh serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Sistem peredaran darah memiliki fungsi sebagai pengangkut sari makanan, oksigen, dan karbon dioksida dalam tubuh. Sistem indra terdiri dari beberapa organ yang berfungsi sebagai alat penglihatan (mata), pendengaran (telinga), peraba (kulit), penciuman (hidung), dan perasa (lidah). Sistem saraf berfungsi untuk mengumpulkan, mengirim, dan memproses informasi dalam otak dan saraf serta mengoordinasi gerak dan tanggapan terhadap rangsang. Sistem reproduksi memiliki fungsi sebagai alat berkembang biak.

Ringkasan:
  • Bagian Tubuh Manusia terbagi menjadi bagian luar dan bagian dalam,
  • Organ tubuh manusia bekerja saling bekerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu di dalam tubuh,
  • Agar tubuh dapat berfungsi secara maksimal maka kesehatan seluruh bagian tubuh harus tetap terjaga.

Post a Comment for "Mengenal Bagian Tubuh Manusia dan Fungsinya"