Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Robot untuk Tangan Lumpuh

Tangan Robot Wayan
Akhir-Akhir ini banyak diberitakan I Wayan Sumardana atau Tawan yang mengenakan tangan robot yang dibuat sendiri, karena tangannya lumpuh. Tawan bisa menggerakan lenganyang lumpuh karena stroke karena bantuan Teknologi Robot. Meski sampai saat ini masih menjadi misteri, namun benarkan tangan yang lumpuh bisa digerakan dengan robot.

Dr. Fritz Sumantri Usman Sr, SpS selaku ahli saraf dan juga ahli saraf intervensi , FINS mengungkapkan, secara teori Tawan mungkin saja mampu membangkitkan gelombang Mu yang berkaitan dengan aktivitas motorik atau gerak di otaknya. Karena apabila gelombang Mu dikumpulkan dan diperbesar bisa digunakan sebagai pusat tenaga. Untuk selanjutnya, setelah diolah sirkuit elektronik tertentu, alat itu menstimulus otot-otot di lengan supaya bisa bergerak sesuai keinginan.

Seseorang perlu banyak berlatih untuk mengaktifkan gelombang Mu, karena pada kondisi normal gelombang Mu bisa muncul saat seseorang merasakan rileks. Dengan menggunakan elektroda di kepala dan Electricencephalography (EEG), gelombang di otak tersebut bisa terlihat karena aktivitas listrik di otak telah direkam.

Mengenai tangan robot digunakan Tawan, Dr. Fritz mengatakan bahwa sebaiknya elektroda penangkap sinyal juga diletakan di puncak kepala, yang mempunyai gelombang Mu paling banyak. Tawan sudah terlatih bisa mengaktifkan gelombang Mu, sehingga alat yang dibuatnya akan sulit digunakan oleh orang lain, karena gelombang Mu tidak bisa timbul seketika pada semua orang. Menganggapi gerakan Tangan Robot Tawan yang begitu rapi, Dr. Fritz beranggapan mungkin kelumpuhan yang dirasakan wayan tidak keseluruhan.

Ringkasan:
  • I Wayan Sumardana atau Tawan membuat tangan robot dengan sensor otak,
  • Bagian tubuh yang terkena lumpuh bisa diusahakan untuk menggunakan bantuan teknologi robot,
  • Robot tangan Tawan di dibuat dengan penggerak sistem pe

Post a Comment for "Teknologi Robot untuk Tangan Lumpuh"