Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencegah Sembelit pada Ibu Hamil

Kesehatan Ibu Hamil
Sembelit pada Ibu Hamil lebih sering terjadi, karena adanya peningkatan hormon progesterone selama hamil. Sebenarnya fungsi hormon progesteron ini adalah memperkuat otot dinding rahim agar mampu menahan janin yang sedang tumbuh dan berkembang. Secara bersamaan, cara kerja hormon ini juga mengakibatkan kelambatan gerak peristaltik otot-otot saluran pencernaan, sehingga proses buang air besar menjadi terganggu.

Gejala Sembelit pada Ibu Hamil, seperti Kesulitan untuk buang air besar yang berlangsung lebih dari empat hari, Fases menjadi keras,  Merasa tidak tuntas ketika buang air besar, Sulit untuk mengeluarkan feses, terkadang rektum mengeluarkan darah dan Rasa sakit atau tidak nyaman pada perut bagian bawah, terasa penuh dan mulas.

Sembelit pada Ibu Hamil tidak berbahaya selama tidak ditemukan adanya gejala penyakit lain, seperti pendarahan, sembelit ini tidak membahayakan. Namun, tentunya ini membuat tidak nyaman. Asapun cara Mencegah Sembelit pada Ibu Hamil, adalah sebagai berikut:
  • Mengkonsumsi serat setiap hari, yang didapatkan dari sumber alami seperti  Sayuran dan buah-buahan. Selain mencukupkan kebutuhan serat, Ibu Hamil juga harus Banyak minum air putih. Hal ini agat makanan yang bunda konsumsi bisa dicerna dengan baik. Kebutuhan cairan dan serat yang tercukupi akan menghindarkan Ibu hamil dari sembelit.
  • Melakukan Olahraga teratur, agar sehat sekaligus mencegah dan meredakan sembelit. Olahraga Ibu Hamil yang bisa dilakukan seperti 20-30 menit setiap hari. Jalan kaki secara rutin juga dapat membantu meningkatkan gerak peristaltik usus yang mendorong kelancaran pencernaan.
  • Jangan menunda keinginan BAB, akan memicu penumpukan feses dalam usus dan membuat fases menjadi mengeras.
Apabila perubahan pola hidup dan pola makan tidak menunjukkan hasil yang diharapkan, Ibu Hamil tidak disarankan mengonsumsi sembarang obat pelancar BAB. Sembelit yang dibiarkan bisa menjadi semakin parah, yang akhirnya menyebabkan wasir, tapi mengkonsumsi sembarang obat pelancar BAB bisa memengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan. Sebagai solusi terbaik, tentu saja Bunda harus melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan aman untuk janin di dalam kandungan.

Ringkasan:
  • Meningkatnya hormon progesterone pada Ibu Hamil bisa memicu sering mengalami sembelit,
  • Sembelit pada Ibu Hamil bisa berkembang ke gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti wasir, 
  • Mencegah Sembelit pada Ibu Hamil bisa dilakukan dengan mencukupkan konsumsi makanan berserat, minum air putih, olah raga dan tidak menunda keinginan BAB.

Post a Comment for "Tips Mencegah Sembelit pada Ibu Hamil"