Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Fakta Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD

 Penggunaan IUD
IUD (intrauterine device) merupakan jenis alat kontrasepsi jangka panjang, yang memiliki efektivitas lebih tinggi dibandingkan kontrasepsi oral. Alat kontrasepsi yang juga sering disebut KB Spiral ini berbentuk seperti huruf T, berukuran sekitar 3 cm dan terbuat dari plastik, dna hanya boleh dipasang  atau dilepas kembali oleh dokter kandungan atau bidan ke dalam rahim.

Alat Kontrasepsi IUD bekerja dengan cara mencegah sel telur dibuahi sel sperma. Dan dengan semakin banyaknya peminat IUD, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menjelaskan menganai beberapa fakta seperuta IUD, yang diantaranya adalah:

IUD Lebih efektif dibandingkan pil KB yang hanya memiliki tingkat egektivitas 92-97, sedangkan IUD mempunyai tingkat efektivitasnya mencapai 99%.

Pemasangan IUD tidak selalu menyakitkan, karena prosesnya bisa dilakukan tidak lebih dari 5 menit. Pemasangan Alat Kontrasepsi ini dilakukan setelah masa menstruasi, dimana mulut rahim terbuka lebih lebar.

Pengguna IUD akan mengalami haid lebih berat atau bahkan tidak mengalami haid sama sekali. Hal ini tergantung anda memilih IUD yang memiliki hormon atau tidak. IUD yang mengandung hormon progesteron akan membuat periode menstruasi lebih singkat, bahkan 20 % wanita yang menggunakan IUD tidak mengalami haid. IUD tanpa hormonal akan biasanya akan membuat darah haid yang keluar lebih banyak dan Siklus Menstruasi terjadi lebih lama.

IUD merupakan alat kontrasepsi yang sangat aman, karena saat ini telah didesain sedemikian rupa sehingga tidak menyebabkan infeksi panggul dan infertilitas. WHO dan American Medical Association juga menyebut IUD merupakan alat kontrasepsi paling aman, efektif dan tahan lama digunakan pada wanita.

Pengguna IUD tidak perlu repot mengingat jadwal minum pil harian atau menyuntikkan hormon setiap satu atau tiga bulanan sekali. Hal ini dikarenakan  IUD bisa bertahan 3 sampai 10 tahun (tergantung model apa yang Anda pilih).

IUD tidak mengganggu hubungan suami istri, karena benang IUD dibuat dari bahan yang sangat lembut. Rasa tidak nyaman yang mungkin dirasakan pria bisa terjadi apabila dokter memotong benangterlalu pendek, sehingga bisa diperbaiki oelh dokter yang memasang.

Harga Pemasangan IUD lebih Murah, apabila dibandingkan dengan penggunaan Alat Kontrasepsi lain. Hal ini tentu dihitung dari seberapa efektif jangka waktu IUD dalam mengetaur jarak kehamilan, yang tentu terhitung tahunan.

IUD tidak mengganggu kesuburan Wanita, karena berdasarkan penelitian sekitar 85 % wanita akan mendapatkan kehamilan kembali l dalam periode satu tahun setelah IUD dilepas. Hal ini tentu saja apabila program kehamilan sebelumnya tidak mengalami masalah.

Ringkasan:
  • Alat Kontrasepsi IUD bisa bertahan dalam jangka panjang bahkan mencapai 10 tahun tergantung dari jenis yang anda pilih,
  • Desain IUD saat ini telah sangat aman, sehingga tidak menyebabkan infeksi panggul atau gangguan kesuburan,
  • IUD mempunyai tingkat efektivitas hingga mencapai 99% dan merupakan alat kontrasepsi yang paling murah.

Post a Comment for "8 Fakta Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD"