Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Ibu Hamil Sering Merasa Lelah

Kelelahan pada Ibu Hamil
Efek samping kehamilan yang sering dirasakan adalah kelelahan. Dan apakah kondisi ini normal? Ya kondisi ini normal terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan dan tentu hampir semua ibu hamil merasakan kondisi ini. Namun tentu kelelahan ini ada batasannya, sehingga tidak mengganggu aktifitas harian anda.

Bagi Ibu Hamil yang selalu merasa selalu lelah, perlu melakukan beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi rasa lelah yang berlebihan, sehingga tidak berujung pada ancaman kesehatan bagi janin di dalam kandungan dan ibu hamil itu sendiri.

Penyebab kelelahan pada Ibu Hamil memang beragam dan bisa disebabkan karena banyak faktor. Salah satunya adalah ibu hamil mengalami gangguan tidur, sehingga tidak mempunyai jam tidur dibawah 10 jam. Gangguan tidur ini akan menyebabkan ibu hamil tidak mendapatkan cukup energi saat bangun di pagi hari. Adapun gangguan tidur pada ibu hamil lebih banyak disebabkan oleh perubahan hormon dan gangguan lain Ibu Hamil.

Penyebab Ibu Hamil Sering yang lain adalah gaya hidup, yang cenderung sering bergerak dan memiliki aktivitas padat. Sebagai contoh apabila Ibu Hamil yang juga masih memiliki anak balita yang tentu juga butuh diperhatikan, atau Ibu Hamil merupakan wanita karir yang mempunyai job desk cukup tinggi.

Aktifitas fisik yang tinggi memang bisa menjadi faktor penyebab kelelahan pada ibu hamil, namun ternyata kurangnya aktivitas fisik juga bisa menjadi penyebab ibu hamil akan mudah lelah. Sehingga ibu hamil harus bisa mengatur pola hidup agar lebih sehat.

Untuk mencegah kelelahan pada ibu hamil, sebaiknya beristirahat sebanyak mungkin. Ibu Hamil harus berusaha beristirahat lebih awal pada malam hari. Apabila pada malam hari anda merasa susah tidur, maka bisa diganti pada siang hari. Istirahat tidak hanya tidur, namun bisa dilakukan dengan kaki selonjor dan bersantai di siang hari akan membantu meningkatkan energi.

Rasa lelah Ibu Hamil juga bisa diatasi dengan memilih makanan yang tepat, yaitu makanan yang banyak mengandung zat besi dan menghindari makanan yang banyak mengandung gula. Ibu Hamil juga sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein, karena proses pencernaannya justru dapat menguras energi.

Ringkasan:
  • Rasa lelah merupakan salah satu efek samping kehamilan yang sering dirasakan saat usia kehamilan muda,
  • Rasa lelah saat hamil bisa disebabkan karena kurang tidur atau aktifitas fisik yang berlebihan bagi Ibu Hamil.
  • Kelelahan Ibu Hamil bisa diatasi dengan istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan yang tepat.

Post a Comment for "Penyebab Ibu Hamil Sering Merasa Lelah"