Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pil KB Baru untuk Alat Kontrasepsi Pria

Alat Kontrasepsi Terbaru
Alat Kontrasepsi Pria terbaru, sedang dikembangkan oleh para ilmuwan di Inggris, dengan metode menghentikan sperma berenang menuju sel telur sehingga pembuahan bisa dicegah. Para peneliti dari Wolverhampton University bekerja sama dengan peneliti Portugis menggunakan suatu senyawa peptida dalam penelitian ini.

Peptida merupakan rantai pendek dari asam amino yang bisa mempengaruhi fungsi sel. Senyawa tersebut akan terbentuk secara alami atau diproduksi oleh ahli biokimia secara sintetis. Untuk selanjutnya dari hasil penelitian, senyawa tersebut dignakan untuk menghentikan pergerakan sperma dalam waktu beberapa menit, sehingga sperma tidak bisa berenang untuk membuahi sel telur di dalam rahim wanita.

Profesor John Howl selaku peneliti utama dari Wolverhampton University, mengatakan hasil penelitian ini sungguh mengejutkan. "Ini benar-benar cara yang unik. Tidak ada orang lain yang pernah melakukan ini sebelumnya," kata Howl.

Melihat hasil percobaan, para ahli percaya apabila nanti pil kontrasepsi tersebut bisa digunakan beberapa saat saja sebelum berhubungan suami istri. Bahkan, menurut peneliti, beberapa hari kemudian pil tersebut tidak memberikan efek lagi pada pergerakan sperma. Atau dengan kata lain Pria kembali mempunyai sperma yang berkualitas.

Profesor John Guillebaud di bidang keluarga berencana dan kesehatan reproduksi dari University College, London, mengatakan metode kontrasepsi ini akan menguntungkan bagi pasangan suami istri yang ingin mengatur jarak kehamilan sehingga lebih mudah dalam mengasuh anak-anaknya.

Pil KB untuk Pria ini juga bisa menjadi alternatif metode kontrasepsi pria  seperti kondom dan vasektomi. Sampai saat ini memang, para peneliti belum memutuskan apakah alat kontrasepsi ini akan berbentuk pil, spray, atau implan di sub-kulit. Dan saat ini peneliti memperkirakan, Pil KB ini mulai bisa dipasarkan pada awal 2021.

Menurut Profesor Geeta Nargund, selaku direktur medis klinik kesuburan CREATE, para wanita pasti akan menyambut gembira adanya metode PIL KB untuk Pria ini apabila memang telah terbukti aman dan efektif pada pria. Hal ini dikarenakan, selama ini wanita yang sering kali menjadi pihak yang difokuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi. Padahal, mereka sering mengalami efek samping penggunaan alat kontrasepsi yang mengganggu kesehatan dan penampilan.

Ringkasan:
  • Pil KB Baru untuk Alat Kontrasepsi Pria sedang diteliti oleh para peneliti Wolverhampton University bekerja sama dengan peneliti Portugis,
  • Pil KB untuk Pria ini akan menghentikan pergerakan sperma sehingga tidak mampu mencapai sel telur di dalam rahim,
  • Alat Kontrasepsi Pria ini diperkirakan mulai dipasarkan pada tahun 2021.

Post a Comment for "Pil KB Baru untuk Alat Kontrasepsi Pria"