Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengenali Gejala Awal Kanker Serviks

Mendeteksi Kanker Serviks
Kanker Serviks atau kanker leher rahim termasuk jenis kanker yang paling banyak dialami wanita di Indonesia. Namun sampai sekarang juga masih banyak yang belum sadar untuk melakukan deteksi dini kanker ini. Adapun Penyebab Kanker serviks adalah Human Papilloma Virus (HPV) yang umumnya menular melalui hubungan suami istri. Sehingga bagi wanita yang sudah menikah, mempunyai resiko tinggi terkena kanker serviks dan seharusnya melakukan deteksi dini kanker.

Deteksi dini untuk mengetahui ada tidaknya sel kanker bisa dilakukan dengan metode pap smear maupun IVA. Hal ini untuk meningkatkan peluang kesembuhan pasien lebih tinggi, karena kanker bisa diobati dengan baik, apabila masih dalam tahap awal pertumbuhan.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia Prof. Dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPd-KHOM "Deteksi dini juga harus berada di garis depan. Kalau kanker ditemukan stadium satu atau dua, harapan sembuhnya tinggi, pengobatan lebih cepat, lebih murah,". Bahkan apabila telah ditemukan masih lesi prakanker, bisa dicegah berkembang jadi kanker menggunakan metode krioterapi atau metode pendinginan. Beliau juga mengatakan, untuk meningkatkan kesadaran pentingnya deteksi dini, sangat diperlukan edukasi kepada masyarakat tak hanya di kota-kota besar.

Untuk itu, edukasi kanker serviks dilakukan tidak hanya kepada masyarakat, para tenaga kesehatan, seperti bidan dan dokter umum juga diberikan edukasi mengenai kanker serviks. Direktur SDM dan Umum Garuda Indonesia Sari Suharso menjelaskan, edukasi mengenai kanker serviks diberikan kepada sekitar 700 peserta.

Khusus untuk tenaga kesehatan, mereka mendapatkan pelatihan menggunakan metode pap smear dan IVA, serta menggunaan alat krioterapi oleh YKI dan tenaga kesehatan dari sejumlah rumah sakit. Pemerinta sebaiknya juga melakukan program untuk pemeriksaan pap smear maupun IVA secara gratis.  Tujuannya tentu di kemudiian hari angka kejadian kanker serviks lebih rendah, baik angka kesakitan dan kematiannya.

Untuk itu, jangan tunggu muncul keluhan untuk melakukan deteksi dini kanker serviks. Pencegahan kanker serviks bahkan juga sudah bisa dilakukan sejak kecil. Sebab, kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang bisa dicegah dengan vaksin.

Ringkasan:
  • Kanker Serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami wanita di Indonesia,
  • Penyebab Kanker Serviks adalah Human Papilloma Virus (HPV) yang bisa menular saat hubungan suami istri,
  • Pencegahan Kanker Serviks bisa dilakukan sejak kecil, yaitu dengan melakukan vaksinasi.

Post a Comment for "Cara Mengenali Gejala Awal Kanker Serviks"