Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Asi Ekslusif



Foto Perawatan Payudara Ibu Menyusui

Ibu Menyusui memproduksi susu sebagai sumber makanan utama bayi sampai usianya 6 bulan. Pada masa itu, bayi akan lebih sering untuk mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu). Sehingga seorang ibu menyusui harus siap memberi ASI setiap saat. Karena hal tersebut, tidak sedikit Wanita yang khawatir mengenai kecukupan produksi ASI yang dihasilkannya.


Namun perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya produksi ASI wanita sudah dirancang mencukupi kebutuhan bayi bahkan untuk  kebutuhan 2, 3, atau 4 bayi sekaligus. Produksi ASI ini juga sudah mulai disiapkan saat Ibu Hamil dan siap dikeluarkan bersamaan saat proses persalinan, sehingga memungkinkan Ibu melakukan Inisiasi Dini Menyusui. Namun banyak ibu hamil yang hanya mampu produksi ASI di saat awal menyusui, menyebabkan mereka cemas. Padahal, hal tersebut juga merupakan hal yang wajar, karena menyesuaikan ukuran lambung bayi hanya sebesar kelereng, dan hanya cukup untuk 10 mililiter ASI.


Dan bagi anda yang berniat untuk memberikan ASI Eksklusif sampai buah hati anda berumur 6 bulan, maka anda perlu memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:


1. Konsumsi Nutrisi yang cukup


Ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan bergizi, boleh juga apabila ibu menyusui ingin mengkonsumsi makanan bercita rasa tajam. Karena hanya akan mempengaruhi rasa, tidak dalam nutrisi, ASI yang dihasilkan. Tidak ada makanan tertentu yang menstimulasi produksi ASI ibu Hamil, dikarenakan produksi ASI bersifat spesifik pada setiap bayi. Produksi ASI yang sedikit tidak diartikan sama pada tiap ibu dan bayi. Namun pada ibu menyusui yang mempunyai pantangan makanan karena alergi, anda tentu harus mengurangi asupan makanan tersebut.


2. Lakukan menyusui secara Langsung


Menyusui secara langsung kepada bayi, akan merangsang menstimulasi produksi ASI lebih banyak. Namun bagi ibu yang harus bekerja, memerah ASI dan diletakan ke botol juga bisa menjadi solusi yang baik. Namun sebaiknya anda tidak menggunakan dot untuk memberikan ASI kepada Bayi. Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan bayi tidak mau lagi menyusu pada puting.


Menyusu melalui puting memang lebih sulit dibanding dengan menggunakan dot. Karena memang diperlukan tenaga yang lebih untuk mengeluarkan ASI melalui Puting. Namun hal ini akan memberikan dampak kesehatan yang lebih pada ibu hamil, dan bisa diperhatikan ketika bayi menyusu melalui puting makan bayi tampak berkeringat.


Anda sebagai ibu yang peduli terhadap kesehatan bayi anda, sebaiknya melatih bayi minum ASI, dengan menggunakan botol berujung, sendok atau cangkir berlubang, dan biasanya membutuhkan waktu 1-2 minggu agar bayi lebih terbiasa.


3. Dukungan Orang disekitar anda


Dukungan keluarga, taman dan suami menjadi faktor penting ibu suksesnya menyusui ASI sampai usia bayi 6 bulan. Lingkungan kerja sebaiknya juga memberikan bayinya.


4. Disiplin dan Rajin Menambah Ilmu Menyusui


Bagi ibu menyusui namun tetap bekerja, harus tetap disiplin memerah minimal ASI tiga jam sekali. Karena semakin sering ASI diperah, maka produksinya akan semakin meningkat. Menambah infomasi mengenai pentingnya Menyusui Bayi juba bisa menjadi motivasi bagi anda agar memberikan ASI selama 6 bulan penuh lebih mudah dilakukan. Agar produksi ASI maksimal, perawatan payudara bagi ibu Menyusui juga bisa dilakukan.


Ringkasan:


    ASI menjadi sumber makanan utama bagi bayi sampai usia 6 tahun,
    Syarat sukses pemberian ASI bisa dengan Konsumsi Nutrisi yang cukup, menyusui secara Langsung, Dukungan Orang disekitar, Disiplin dan Rajin Menambah Ilmu Menyusui,
    Perawatan Payudara Ibu Menyusui juga bisa memicu produksi ASI lebih maksimal,



Post a Comment for "Tips Asi Ekslusif "