Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Metode Pengobatan Demam Reumatik Akut



Gejala Demam Rematik Akut
Demam Reumatik merupakan penyakit inflamasi yang berkembang dua sampai tiga minggu setelah adanya infeksi streptokokus Grup A (penyakit dengan gejala seperti radang tenggorokan atau demam berdarah). Demam Reumatik Akut disebabkan oleh antibodi reaktivitas silang yang dapat melibatkan jantung, otak, kulit, dan sendi. Penyakit ini banyak muncul pada anak-anak yang berusia 5 sampai 15 tahun.

Metode Pengobatan penyakit demam Reumatik yang paling sering digunakan adalah dengan pemberian antibiotic kepada pasien. Namun tentu banyak yang mengetahui, bahwa pemberian antibiotik yang tidak sesuai dosis, akan memberikan efek samping terhadap kesehatan terutama organ hati. Untuk itu banyak pasien yang lebih disarankan untuk menggunakan metode terapi dengan pemberian antibiotic sesuai dengan yang dibutuhkan pasien untuk pengobatan Demam Reumatik Akut. Adapun jenis pengobatan yang bisa anda pilih adalah sebagai berikut:

Pengobatan  Kausal

Pengobatan kausal dilakukan dengan cara eradikasi kuman Streptokokus pada saat serangan akut dan pencegahan sekunder pasien demam Reumatik. Cara pemusnahan Streptokokus dari tonsil dan faring sama dengan pengobatan faringitis Streptokokus, untuk dosisnya berbeda, sesuai dengan berat badan pasien.

Pengobatan  Suportif

Pengobatan Demam Reumatik Akut dangan metode ini dibagi menjadi beberapa cara yang diantaranya adalah:

1. Tirah Baring

Semua pasien demam reumatik akut harus tirah baring, jika mungkin di rumah sakit. Tirah baring di rumah sakit untuk pasien demam reumatik derajat 1, 2, 3 dan 4 berturut-turut 2, 4, 6, 12 minggu. Serta lama rawat jalan untuk pasien demam reumatik derajat 1, 2, 3 dan 4 berturut-turut 2, 4, 6, 12 minggu. Karditis hampir selalu terjadi dalam 2-3 minggu sejak dari awal serangan, hingga pengamatan yang ketat harus dilakukan selama masa tersebut. Sesudah itu lama dan tingkat tirah baring bervariasi dan disesuaikan dengan kondisi pasien.

2.  Diet

Tujuan diet pada penyakit demam reumatik akut adalah memberikan makanan secukupnya tanpa memberatkan kerja jantung, mencegah atau menghilangkan penimbunan garam atau air pada tubuh. Namun apabila kebutuhan gizi tidak dapat dipenuhi melalui makanan dapat diberikan tambahan berupa makanan enteral, parenteral atau sulemen gizi.

3.  Pengobatan simptomatis


Pengobatan anti radang efektif untuk menekan manifestasi radang akut demam reumatik, sehingga respon yang cepat dari artritis terhadap salisilat dapat membantu diagnosis. Pengobatan anti radang yang lebih kuat seperti steroid amat bermanfaat untuk mengendalikan perikarditis dan gagal jantung pada demam Reumatik (karditis) akut.

Pengobatan karditis masih kontroversial, terutama untuk pemilihan pengobatan pasien dengan aspirin atau harus steroid. Digitalis diberikan pada pasien dengan karditis yang berat dan gagal jantung.

Sedangkan pada kasus korea yang ringan pada umumnya hanya memerlukan tirah baring. Pada kasus berat, obat antikonvulsan mungkin dapat mengendalikan korea. Obat yang sering dipergunakan adalah fenobarbital dan haloperidol. Keberhasilan obat ini bervariasi tergantung kondisi pasien.

4.  Pengobatan Rehabilitatif 


Pengobatan    rehabilitatif    untuk    pasien    demam    reumatik    sesuai    dengan    derajat

penyakitnya. Adapun derajat penyakit ini dibedakan berdasarkan waktu dalam 4, 8 dan 12 minggu.

5. Pengobatan operatif

Metode Pengobatan Demam Reumatik Akut berdasarkan metode Operatif adalah dengan Mitral stenosis, Insufisiensi Mitral, Stenosis Aorta dan Insufisiensi Aorta. Semua proses pengobatan ini harus dilakukan di rumah sakit dan dilakukan oleh dokter professional. Pemilihan cara operatif juga disesuaikan dengan umur kebutuhan, kontraindikasi dan kondisi pasien Demam Reumatik.

Kesimpulan:

  • Penyakit Demam Reumatik Akut lebih banyak menyerang anak-anak usia 5-15 tahun,
  • Beberapa metode pengobatan sebelum harus dengan tindakan operasi bisa menjadi pilihan penyembuhan Demam Reumatik,
  • Operasi sebagai metode terakhir penyembuhan deman Reumatik.

Post a Comment for "Beberapa Metode Pengobatan Demam Reumatik Akut"