Home » , , » Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin untuk Ibu Hamil



Masa hamil bagi wanita adalah masa dimana tubuh membutuhkan asupan gizi dan vitamin yang tepat agar janin yang ada di dalam kandungan bisa tumbuh dengan sehat. Proses kehamilan yang normal adalah selama 9 bulan dan pada masa itulah seseorang Ibu yang hamil harus memperhatikan bahkan meningkatkan pola hidup sehat. Agar anda dan bayi anda sehat, anda harus selalu menjaga kebutuhan Nutrisi dan Vitamin untuk Ibu Hamil, yang diantaranya adalah:

Nutrisi Untuk ibu Hamil
  • Karbohidrat dan lemak merupakan sumber zat tenaga yang akan menghasilkan kalori untuk tubuh. Zat ini dapat diperoleh dari serealia, umbi-umbian.
  • Protein adalah zat yang digunakan tubuh sebagai sumber zat pembangun. Protein dapat diperoleh dari daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.
  • Mineral merupakan zat pengatur yang dapat diperoleh dari sayur dan buah-buahan.
  • Asam folat adalah zat yang berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah, banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, bunga kol dan brokoli. Sedangkan pada buah-buahan, zat asam folat ini terdapat dalam jeruk, pisang, wortel dan tomat. Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin.
  • Zat besi dibutuhkan untuk ibu hamil agar terhindar dari anemia. Zat Besi banyak terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya), daging dan hati.
  • Kalsium adalah Nutrisi untuk Ibu hamil yang berfungsi untuk, pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kalsium juga berfungsi melindungi ibu hamil dari osteoporosis. Apabila kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, maka kekurangan kalsium pada janin akan diambil dari tulang ibu. Zat kalsium bisa anda dapatkan dari sayuran hijau dan kacang-kacangan. Saat ini kalsium paling baik diperoleh dari susu serta produk olahannya.
Vitamin Untuk Ibu Hamil

Vitamin A pada Ibu Hamil difungsikan imunitas dan pertumbuhan janin. Mengkonsumsi  vitamin A sangat tidak disarankan tidak dikonsumsi secara berlebihan, karena kana mengganggu pertumbuhan janin.
Vitamin C berfungsi untuk menyerap zat besi pada tubuh ibu hamil. karena sangat baik untuk kesehatan gusi dan gigi. Vitamin C juga berfungsi untuk melindungi jaringan organ tubuh dari berbagai macam kerusakan serta memberikan otak berupa sinyal kimia, hal terjadi karena vitamin C banyak mengandung antioksidan yang tentu akan sangat berguna untuk ibu dan janin dalam kandungan.

Vitamin D mempunyai kemampuan untuk menyerap Nutrisi kalsium sehingga sangat bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Vitamin D banyak terdapat pada susu, kuning telur atau hati ikan.

Vitamin B kompleks untuk Ibu Hamil berguna untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat dijumpai pada serealia, biji – bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.

Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin untuk Ibu Hamil memang harus selalu diperhatikan, hal ini tentu saja agar kondisi kesehatan ibu dan janin tetap bagus. Dengan terpenuhinya Nutrisi dan Vitamin, maka pertumbuhan otak dan susunan syaraf janin akan maksimal.

Kesimpulan:
  • Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin untuk ibu Hamil harus terpenuhi secara seimbang sehingga pertumbuhan bayi akan memaksimalkan,
  • Nutrisi dan vitamin sebaiknya didapatkan dengan cara alami, yaitu dengan makan-makanan yang bergizi.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger