Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merawat Kesehatan Jantung Untuk Wanita


Merawat Kesehatan Jantung Wanita
Di seluruh Dunia, setiap tahun terjadi 8,5 juta kematian perempuan yang diakibatkan penyakit jantung. Dan Menurut WHO, di negara berkembang di seluruh dunia, 50% dari kematian perempuan yang dengan umur di atas 50 tahun diakibatkan penyakit jantung dan stroke. Dari data tersebut, sangat pantas apabila Penyakit Jantung merupakan penyebab kematian utama ketiga di dunia. Hal ini tentu terjadi akibat banyaknya perempuan yang tidak mengetahui bagaimana mudahnya Merawat Kesehatan Jantung.

Perempuan Memiliki Banyak Peran 

Perempuan sebagai makluk multi peran, yaitu sebagai ibu dan sekaligus sebagai pendidik anak bahkan banyak juga sebagai wanita karir.  diharapkan. Kelompok manusia terkecil adalah keluarga, dimana ibu bisa menentukan kesehatan keluarga. Perempuan harus Merawat Kesehatan Jantung dan kesehatan tubuh yang lain dengan baik. Sehingga dapat banyak berkontribusi, dengan menyampaikan pesan-pesan gaya hidup sehat jantung untuk keluarga. 

Penyakit jantung dan stroke berkaitan erat dengan pola dan gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan dengan gizi kurang seimbang, kebiasaan merokok baik itu aktif maupun pasif, tidak berolahraga dan seringnya merasa stres merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke pada Wanita. 

Stres Salah Satu Penyebab Penyakit Jantung 

Dalam tubuh ada sebuah sistem pengaturan. Dan Ketika anda mengalami stress, jantung menjadi berdebar, mual, dan pusing. Hal ini dikarenakan tingginya zat adrenalin dalam darah. Apabila hal ini terus terjadi, maka akan menjadi beban bagi jantung.

Setiap orang dalam kehidupannya pasti pernah mengalami stress, baik itu karena pengaruh faktor eksternal dan internal. Kondisi Bencana alam dan banjir, perang, pindah rumah, macet, pekerjaan yang menumpuk, merupakan contoh faktor eksternal, sedangkan faktor internal berasal dari gaya hidup anda, misalnya tuntutan terhadap diri sendiri yang tinggi. 

Untuk mengatasi Merawat Kesehatan Jantung dikarenakan stress, anda perlu menggunakan waktu bersantai dan menikmati hidup, misalnya dengan membaca majalah, berlibur, relaksasi, aromaterapisasi dan bersyukur. Selain itu penting bagi anda untuk terus Berpikir positif (berpikir realistis dengan hidup dan diri kita sendiri). Cara yang baik untuk menghindari stres adalah dengan  pijat, streching, menari bahkan menangis merupakan tujuan energi negative dari dalam tubuh.

Gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang bisa saja tidak ada gejala sampai gejala berat. Oleh sebab itu, penyakit jantung sering disebut  the sillent killer. Anda sebagai Perempuan harus waspada, hal ini dikarenakan menurut laporan WHO pada tahun 2004, penyakit jantung dan stroke merupakan pembunuh nomor satu bagi perempuan di seluruh dunia.

Jantung adalah organ tubuh yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh yang tidak pernah beristirahat, yang mendapat makanan dari arteri koroner. apabila saluran arteri koroner bagus maka aliran darah ke jantung cukup. Namun dengan bertambahnya usia dan pola hidup tidak sehat, tentu lama-kelamaan akan terjadi penumpukan lemak yang disebut aterosklerosis pada pembuluh arteri.

Penyakit jantung menyebabkan kerusakan permanen dan mempengaruhi kehidupan. Penyakit jantung tidak dapat dihilangkan dan diderita seumur hidup. Namun, penyakit jantung dapat dan harus anda cegah dan kendalikan mulai dari saat ini.

Tanda awal penyakit jantung pada perempuan sulit untuk di diagnosa, biasanya hanya berupa sakit dada atau dada tidak enak, dan akan menjalar ke punggung, bahu, rahang, dan perut. Tanda-tanda lain adalah; napas pendek dengan / tanpa sakit dada, mual, muntah, keringat dingin, pusing.

Lakukan Pencegahan Penyakit Jantung dengan Pola Hidup Sehat

Berdasarkan laporan WHO, sekitar 43% penyakit di dunia ini disebabkan akibat kebiasaan hidup kurang gerak. Obesitas menyebabkan hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes mellitus. Dengna melakukan aktivitas fisik selama 30 menit atau lebih, akan berguna mengontrol kencing manis, kegemukan, kadar lemak darah, dan menurunkan tekanan darah.

Melakukan gaya hidup sehat seperti olahraga setiap hari, tidak merokok, menghindari asap rokok, banyak minum air putih, makan dengan gizi seimbang, tidur minimal 8 jam sehari, berusaha rileks saat menunggu, beristirahat saat macet, tidak minum alkohol, membaca, bekerja, berdo’a dan tertawa, adalah banyak usaha yang bisa dilakukan untuk Merawat Kesehatan Jantung bagi anda.

Kesimpulan:


  • Setiap tahun terjadi 8,5 juta kematian perempuan yang diakibatkan penyakit jantung,
  • Perempuan sebagai makluk multi peran, harus mampu menjaga kesehatan dan menyampaikan pesan-pesan gaya hidup sehat jantung untuk keluarga,
  • Melakukan pola hidup sehat baik itu pada Jasmani dan Rohani merupakan usaha untuk Merawat Kesehatan Jantung.

Post a Comment for "Merawat Kesehatan Jantung Untuk Wanita"