Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips mudah Merawat Kesehatan Lansia



Penyakit metabolik seperti hipertensi, diabetes melitus, osteoporosis dan stroke sering sekali dikeluhkan ulah oleh orang tua anda yang ada di tahap Lansia. Sebagai putra-putri anda harus mengetahui penyakit-penyakit metabolik yang ada serta bagaimana usaha untuk tetap menjaga kesehatan Lansia tersebut.

Orang tua dengan Usia diatas 50 tahun sangat mudah terkena penyakit-penyakit, yang diantaranya: Diabetes melitus, Hipertensi,S, dan Osteoporosis. Maka dari itu, untuk pencegahan awal, anda harus selalu mengingatkan orang tua untuk menghindari makanan yang keras, padat, dan terlalu asin, asam atau manis.

Pola Makan untuk Lansia

Selanjutnya anda juga harus mengatur pola makan mereka. Mengurangi porsi makanan pada Lansia perlu dilakukan, karena kebutuhan energi pada orang tua turun sangat drastis. Agar tidak mempengaruhi Stamina dan Kesehatan Lansia, anda bisa melakukan pengurangan porsi makan secara bertahap. Anda juga sebaiknya mulai menyediakan makanan agak lunak agar, mudah dicerna oleh lambung.

Makanan Tepat untuk Lansia

Selain mengatur pola makan, hal lain yang dibutuhkan untuk Menjaga Kesehatan lansia adalah Zat Kalsium yang bisa didapatkan dari meminum susu. Zat Kalsium ini digunakan untuk memperkuat tulang, mencegah tubuh membungkuk dan mengurangi terjadinya osteoporosis. sehingga minum susu secara rutin, sangat dianjurkan untuk para Lansia.

Zat lain yang juga sangat penting bagi lansia adalah Omega 3. Zat yang sangat berguna untuk tubuh ini, bisa didapatkan dari ikan laut, Sayur, Buah dan minyak ikan, dengan tujuan dapat mencegah terjadinya gejala stroke pada orang tua usia lanjut.

Olah Raga Tepat untuk Lansia

Selain memberikan asupan makanan bergizi bagi Lansia dan menjaga pola makan yang tepat, anda juga harus mengatur rutinitas Olah raga bagi Lansia. Memang aktifitas olah raga yang dilakukan tidak berat seperti anda yang masih muda. Namun, bagi lansia jalan kaki merupakan aktifitas paling sederhana dan relatif aman. Aktifitas Jalan kaki dapat melatih kekuatan otot jantung, kaki dan menjaga kelancaran pernapasan bagi lansia.

Kesimpulan:

  • Penyakit metabolik seperti diabetes melitus, hipertensi, stroke dan osteoporosi sering dikeluhkan oleh para lansia,
  • Untuk tetap Merawat Kesehatan Lansia, bisa dilakukan dengan pola hidup dan makan yang sehat, serta olah raga ringan secara rutin.

Post a Comment for "Tips mudah Merawat Kesehatan Lansia"