Home » , , » Tips Olahraga Tepat untuk Menjaga Kesehatan Lansia

Tips Olahraga Tepat untuk Menjaga Kesehatan Lansia


Advertisement


Pemeriksaan Kesehatan Lansia
Tidak hanya anda sebagai orang muda, anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang sangat perlu untuk melakukan olahraga teratur. Namun Orang tua atau Lansia juga harus tetap melakukan aktivitas fisik secara teratur. Hal ini dikarenakan Olahraga teratur dapat mendorong pengeluaran hormone pertumbuhan, hormon anti stres, dan hormon endorphin, yang berfungsi untuk menghambat penurunan fungsi tubuh atau penuaan yang terjadi pada Lansia.
Olahraga dengan gerakan tertentu yang melibatkan otot tubuh akan dapat menjaga kekuatan otot, fungsi persendian, pembuluh darah tetap elastis dan tetap terbuka, sehingga memperlancar aliran darah ke bagian-bagian tubuh kita, membantu melatih pengembangan paru-paru. Namun yang perlu diperhatikan untuk Menjaga Kesehatan Lansia adalah mencegah olahraga yang melebihi kemampuan tubuhnya.
Olahraga yang dianjurkan bagi Lansia, adalah olahraga dengan gerakan yang melibatkan pelatihan pernafasan dan jantung, melatih kekuatan otot dan sendi, dan dikemas dalam suasana rekreasi, sehingga tidak menimbulkan rasa jenuh untuk Lansia.

Jalan Kaki untuk Lansia

Aktifitas Jalan kaki dapat melatih kekuatan otot jantung dan kelancaran pernapasan, melatih kekuatan otot kaki, sehingga aliran darah kembali ke Jantung kembali lancer. Agar Olahraga ini tidak membosankan, dapat dikemas dalam bentuk rekreasi, seperti jalan kaki di pantai, di taman kota, dan di pedesaan dengan metode berkelompok.

Senam Lansia juga dapat menjadi pilihan olahraga yang aman bagi lansia. Buat Gerakan-gerakan senam tidak terlalu sulit dan dapat melatih kekuatan otot, sendi, dan keseimbangan. Jangan sampai beban gerakan-gerakan senam terlalu berat, dan berbahaya bagi Lansia. Beban yang tepat adalah aktivitas fisik dari senam memiliki beban yang mampu melatih bagian tubuh, sedikit di atas kemampuan maksimal. Aktifitas pekerjaan Rumahtangga juga baik dilakukan, namun tetap haris diperhatikan batas maksimal kemampuan tubuh.

Tes Kesehatan Lansia

Sebelum melakukan latihan olahraga untuk Menjaga Kesehatan Lansia, sebaiknya para Lansia melakukan tes pengukuran kemampuan dan kesanggupan fisik awal. Sebelum dilakukan tes ini,  ada beberapa syarat yang harus dipatuhi, antara lain:
  1. Peserta Lansia harus dalam kondisi sehat berdasarkan hasil pemeriksaan dokter,
  2. Malam sebelum pengukuran kebugaran jasmani dilakukan, peserta harus cukup tidur (minimal 6 Jam),
  3. Makan terakhir dilakukan minimal 4 jam sebelum pengukuran kebugaran jasmani dilakukan,
  4. Gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang paling Nyaman,
  5. Pelaksanaan pengukuran sebaiknya dilakukan pada pagi hari.
Setelah melakukan tes kesehatan dan dipastikan Orang Tua aman melakukan Olahraga, anda juga perlu memperhatikan beberapa aspek, sehingga anda benar-benar nyakin untuk memulai olah raga secara rutin, yang diantaranya adalah:
  • Jangan pernah membiarkan lansia untuk berolahraga sendiri tanpa ada orang yang mengawasi secara langsung maupun tidak langsung.
  • Olahraga untuk Lansia sebaiknya dilakukan 2 jam sesudah makan terakhir, jadi apabila olahraga dilakukan pada pagi hari, anda harus makan roti atau biskuit dengan minum hangat paling tidak 30 menit sebelum olahraga. Hal ini sangat penting untuk menjaga kadar gula yang cukup saat berolahraga.
  • Lakukan Olah raga pada pagi hari. Hal ini dikarenakan kondisi udara pagi jauh lebih bersih apabila dibandingkan dengan kualitas udara pada siang atau sore hari. Udara sejuk pada pagi hari juga akan mengurangi rasa lelah akibat suhu yang panas.
Lansia yang menderita penyakit seperti penyakit otot dan sendi, jantung, pernapasan, dan penyakit metabolik memerlukan program olahraga khusus yang dibuat oleh dokter konsultan olahraga. Program olahraga khusus ini, akan membantu perbaikan penyakit yang sedang diderita.
Kesimpulan:
  • Olahraga yang teratur dan sesuai dengan petunjuk dokter akan mampu mengurangi keluhan gejala penyakit pada Lansia,
  • Olahraga untuk merawat kesehatan Lansia sebaiknya dilakukan pada pagi hari, dan tidak melebihi batas maksimal ketahanan Tubuh.



Comments
0 Comments

0 comments:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger