Home » , , , » Kacang sebagai Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus

Kacang sebagai Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus


Advertisement
Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes Melitus
Kacang adalah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga bagi penderita diabetes militus, dianjurkan untuk mengkonsumsi secara rutin, karena mampu menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah. Kacang-kacangan mengandung nutrisi yang padat, kaya serat dan juga protein. Jenis makanan ini juga mengandung indeks glikemik yang rendah atau lebih lambat menaikkan kadar gula darah, sehingga bagi anda yang suka makan, kacang merupakan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus.

Kacang dan polong-polongan menyehatkan jantung dengan cara yang tak terduga. Sedangkan untuk penderita diabetes, kacang-kacangan bukan hanya mengontrol glukosa, namun juga berdampak signifikan pada tekanan darah. Memang belum diketahui secara pasti bagaimana mekanisme ilmiah kacang-kacangan dalam mengontrol glukosa dan gula darah. Namun berdasarkan peneliti, hal tersebut lebih disebabkan karena kandungan protein, serat, dan mineral di dalam jenis makanan sehat ini. Mengkonsumsi kacang dan polong-polongan sebagai bagian dari diet bukan hanya menjaga gula darah dan tekanan darah, namun juga mampu menurunkan kolesterol.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr.David Jenkins dari Canada Research Chair in Nutrition and Metabolism, secara random meminta 121 pasien diabetes tipe 2 mengkonsumsi satu cangkir kacang-kacangan setiap hari atau produk serelia utuh. Dan setelah tiga bulan, ternyata kelompok yang mengkonsumsi kacang-kacangan mengalami perbaikan dalam kadar gula darahnya dibanding dengan yang makan serelia utuh. Tidak hanya kadar gula darah, namun tekanan darah juga menjadi lebih terkontrol dan mampu mencegah penyakit kadiovaskular. 

Kacang sebagai salah satu Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus, juga diungkapkan oleh ahli nutrisi Marion Franz dari Minneapolis, AS. Dia menyebutkan bahwa kacang-kacangan memang bagus untuk penderita diabetes, namun perlu diperhatikan masalah jumlah konsumsinya. Hal ini dikarenakan diet untuk penderita diabetes melitus adalah bukan apa yang mereka makan, tapi seberapa banyak yang dikonsumsi dan harus diimbangi dengan manajemen berat badan. Sehingga meskipun suatu jenis makanan dikatakan sehat, namun apabila dikonsumsi terlalu banyak tentu sangat tidak disarankan. 

Pengaturan pola makan penderita diabetesi melitus harus disesuaikan dengan gaya hidup pasien. Sehingga konsultasi dengan dokter sangat perlu dilakukan secara rutin. Pengaturan pola makan tersebut meliputi banyak dan variasi jenis makanan yang dikonsumsi. Terutama untuk perhitungan makanan yang mengandung Glukosa harus diatur dan diperhatikan dengan serius.

Kesimpulan:
  • Jenis Kacang-kacangan dan Polong-polongan yang dikonsumsi secara tepat merupakan salah satu makanan sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus,
  • Yang terpenting bagi anda pasien diabetes melitus adalah bukan apa yang anda makan tapi seberapa banyak yang anda makan,



Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger