Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Perbedaan Diagnosa Diabetes Tipe 2



Cara Mudah Diagnosa Diabetes Tipe 2
Meskipun sama-sama berhubungan dengan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan gula di dalam darah, diabetes tipe 1 dan 2 mempunyai perbedaan yang sangat mendasar. Yang diantaranya adalah mengenai Penyebab, Pengobatan dan cara pencegahan. Diabetes tipe 1 lebih banyak diderita oleh pasien di bawah umur 20 tahun (juvenile onset), sedangkan Diagnosa Diabetes Tipe 2banyak diketahui pada usia 35 tahun ke atas ( adult onset)

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kerusakan pancreas, yang menyebabkan produksi insulin berkurang. Sedangkan Diabetes Tipe 2 disebabkan oleh resistensi insulin dalam arti insulin yang dihasilkan oleh tubuh cukup, namun tidak bekerja dengan baik untuk mengontrol kadar gula darah.

Diabetes tipe 2 adalah bentuk paling umum dari penyakit diabetes,  yang telah menyerang sekitar 18 juta orang Amerika. Yang paling menakutkan dari gejala diabetes ini adalah menjadi penyebab penyebab utama beberapa komplikasi seperti gagal ginjal kronis, amputasi non-traumatik, dan kebutaan. Sebenarnya Gejala ini bisa dialami oleh siapa saja, bahkan pada anak-anak dengan berat badan berlebih (Obesitas).

Pengobatan dan Pencegahan Diabetes Tipe 2

Konsumsi makanan yang bergizi dan melakukan olahraga teratur akan menghindarkan komplikasi menakutkan yang disebabkan diabetes. Namun apabila hal tersebut tidak cukup, obat-obatan atau insulin bisa digunakan sebagai pengobatan. Penderita diabetes tipe 1 membutuhkan insulin dalam bentuk suntikan atau pompa insulin. Sedangkan penderita diabetes tipe 2 cukup mengonsumsi obat oral atau obat telan dan telah diberikan oleh dokter.

Penyebab pasti Diabetes tipe 1 sulit diprediksi dan dicegah, hal ini dikarenakan Diabetes jenis ini disebabkan karena kelainan genetik yang dibawa sejak lahir. Sedangkan Diabetes Tipe 2 bisa dicegah, dengan pola makan yang sehat dan Olahraga secara rutin. Gejala Diabetes tipe 2 memang mirip dengan gejala diabetes yang biasa. Namun ada beberapa tanda khusus yang bisa memperkuat Diagnosa Diabetes tipe2 yang diantaranya adalah: Meningkatnya nafsu makan

  • Mulut kering
  • Rasa lemah dan lelah yang berlebihan
  • Penglihatan kabur
  • Rasa Haus yang berlebihan
  • Sakit kepala parah
  • Pusing
  • Berat badan berkurang secara drastic,
  • Luka akan lama sembuh
  • Sering kesemutan bahkan terjadi ipotensi pada pria
Apabila anda mengalami atau merasakan beberapa gejala diatas, maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah ke rumah sakit, dan mulai mengontrol pola makan dan meningkatkan rutinitas oleh raga. Jangan sampai berobat ketika Penyakit Diabetes sudah parah anda rasakan, sehingga beberapa organ penting pada tubuh anda mulai rusak.

Kesimpulan:

  • Gejala Diabetes tipe 1 dan 2 hampir sama,
  • Penguatan diagnosa Diabetes Tipe 2, bisa anda dapatkan dari tanda-tanda fisik yang anda alami,
  • Melakukan pola hidup sehat dengan mengontrol pola makan dan olah raga rutin akan mengurangi risiko penyakit diabetes.

Post a Comment for "Memahami Perbedaan Diagnosa Diabetes Tipe 2"