Home » , , » Manfaat Inisiasi Dini Menyusui bagi Ibu dan Bayi

Manfaat Inisiasi Dini Menyusui bagi Ibu dan Bayi



Gambat Inisiasi Dini Menyusui
Inisiasi dini adalah permulaan yang awal sekali dalam konteks menyusui, yaitu mulai dari satu jam pertama setelah bayi lahir. Disamping harus dilakukan pada jam pertama pasca bayi lahir, inisiasi dini menyusui mencakup berapa syarat lain, yang diantaranya adalah tubuh bayi dikeringkan sekedarnya dan dalam keadaan telanjang, ibu terlentang dengan dada-perut tanpa penutup, bayi diposisikan dalam keadaan telungkup di perut dengan kepala mengarah ke payudara, bayi dibiarkan merayap untuk menemukan puting dan menghisap untuk pertama kali setelah Proses Persalinan.

Manfaat Inisiasi dini besar terhadap keberhasilan menyusui. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan Karend Admond bersama rekan-rekannya, yang menunjukan inisiasi dini menyusui dalam jam pertama setelah melahirkan akan menurunkan resiko kematian bayi di usia 0 – 28 hari, hingga 22%. Sedangkan, penundaan inisiasi (setelah hari pertama) akan meningkatkan resiko kematian hingga 2,4 kali. Adapun manfaat Inisiasi Dini bisa dirasakan oleh ibu maupun bayi, yang diantaranya adalah:

Manfaat Inisiasi Dini untuk Ibu

Inisiasi dini tak hanya memberi kesempatan bayi untuk belajar menemukan dan menghisap payudara ibunya ketika pertama kali dilahirkan. Namun waktu bayi berusaha bergerak kearah payudara, kakinya menendang-nendang perut ibu. Hal ini diketahui dapat membantu memperlancar pengeluaran plasenta dari dalam rahim.

Imunisasi Dini untuk Bayi

Di menit-menit ketika bayi mulai merayap diperut dan dada ibunya, ia akan mengecap-ngecapkan bibir dan menjilati permukaan kulit sebelum memulai menghisap puting dan areola ibu. Hal tersebut diketahui adalah cara alami bayi untuk mengumpulkan bakteri-bakteri baik yang ia perlukan untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Hal ini adalah imunisasi alami yang dilakukan bayi untuk melindungi tubuhnya. Berapa lama bayi melakukannya, tergantung seberapa banyak bakteri baik yang dia perlukan.

Menjaga Kemampuan Survival Bayi

Manfaat Inisiasi Dini yang terakhir adalah dapat membantu spesies manusia menjaga kemampuan survival alaminya. Sehingga Ketika anda tidak memberi kesempatan pada bayi baru lahir untuk melakukan inisiasi dini menyusui, maka anda telah menghilangkan kemampuan survival alami pada satu generasi spesies manusia. Sebagai contoh, anak kucing atau macan yang baru lahir akan mati kalau tidak dibiarkan memulai menyusu kepada induknya sejak lahir.

Ringkasan:

  • Inisiasi dini adalah membiarkan bayi baru lahir untuk menemukan puting dan menyusu secara alami,
  • Manfaat Inisiasi dini adalah  memperlancar pengeluaran plasenta, imunisasi dini, dan menjaga kemampuan survival bayi.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger