Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda-Tanda Bayi Sehat setelah Dilahirkan


Gambar Tanda Bayi Sehat
Semua orang tua tentu menginginkan bayi yang dilahirkan dalam keadaan sempurna dan sehat. Namun, keinginan tersebut tidak didukung dengan pengetahuan orang tua mengenai Tanda Bayi Sehat setelah proses. Hal ini menyebabkan banyak anggapan yang salah mengenai kondisi bayi yang baru lahir. Untuk itu, pada materi ini kami akan memberikan pengetahuan sederhana mengenai Kesehatan Bayi anda, pada minggu-minggu awal setelah Kelahiran.

Bayi yang baru lahir akan berlumur darah dan cairan amniotik, kadang-kadang dilapisi dengan vernix yang berupa substansi mirip keju yang melindungi kulit bayi ketika masih ada di dalam rahim. Kulit bayi yang baru lahir juga dilapisi bulu halus yang hitam, bernama lanugo, yang hilang atau rontok setelah bayi berumur 2 bulan. Warna kulit bayi yang awalnya kelihatan biru tua, setelah bayi mulai bernafas akan berubah menjadi merah jambu. Kebanyakan bayi akan menangis ketika dilahirkan, dan ada juga yang mulai bernafas perlahan-lahan. Namun apabila bayi tidak segera bernafas, dokter harus menggosok-gosok punggung atau mengurut telapak kaki bayi sehingga buah hati anda segera bernapas.

Kepala bayi yang dilahirkan secara normal akan terlihat lancip. Hal ini dikarenakan perjalanannya melalui saluran kelahiran. Bentuk kepala bayi yang baru saja dilahirkan mempunyai lima tulang kepala yang disatukan oleh selaput liat. Tulang janis ini memungkinkan bentuk kepala lebih fleksibel, dan memungkinkan kepala menyesuaikan dengan pelvis ibu. Apabila Proses Persalinan dilakukan lebih lama, biasanya akan ada benjolan pada kepala bayi yang disebut caput. Hal ini, terbentuk ketika kepala bayi terdorong melalui leher rahim yang melebar. Namun anda tidak perlu khawatir, karena Benjolan ini akan hilang dalam waktu 48 jam.

Selain bentuknya yang lancip, dan ada benjolan, Kepala bayi yang baru lahir akan terlihat lebih besar dari pada tubuhnya. Namun pada kenyataannya, ukuran lingkar kepala sama dengan dada bayi ketika lahir. Pada puncak kepala juga terdapat titik bernama anterior fontanelle, tempat tepi keempat tulang bertemu. Selain itu ada juga  fontanelle yang lain di bagian belakang kepala, dan posterior fonatelle yang ukurannya jauh lebih kecil. Kedua tulang tersebut tertutup oleh selaput tebal kuat. Dan ketika bayi anda tumbuh semakin besar, titik ini akan semakin kecil dan akhirnya hilang. Posterior fontanelle akan menutup beberapa bulan sesudah setelah kelahiran, dan anterior fontanelle hilang ketika buah hati anda berumur 18 bulan.

Wajah bayi yang baru lahir akan tampak datar, dengan telinga, hidung dan pipi berkerut atau bahkan lecet-lecet. Kerutan dan luka ini biasanya akan hilang pada hari pertama setelah kelahiran. Tidak sedikit Bayi yang lahir dengan kepala yang sudah penuh dengan rambut. Dan Rambut biasanya akan rontok selama beberapa bulan pertama, dan akan tumbuh lagi setelah umurnya beberapa minggu.

Pada saat kelahiran tangan dan kaki Bayi akan terlihat lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya, namun dengan bertambahnya umur bayi, warnanya akan berubah menjadi merah jambu. Kaki dan lengan bayi biasanya akan terlihat terlipat. Hal ini diakibatkan karena janin di dalam kandungan selalu dalam keadaan tertekuk. Hal ini tidak perlu anda khawatirkan, karena dalam beberapa bulan kedepan, akan normal seperti anak-anak pada umumnya.

Leher bayi yang baru lahir terlihat pendek dan tersembunyi. Tali pusar yang membawa darah dari dan ke plasenta sat di dalam rahim menjadi tembus pandang dan terasa seperti agar-agar setelah dipotong. Sedangkan potongan tali pusar yang mengering akan berwarna kuning dan akhirnya terlepas.

Bayi yang baru dilahirkan juga akan mempunyai puting susu kecil yang kadang-kadang mengeluarkan cairan mirip air susu. Hal ini diakibatkan oleh tingkat estrogen yang tinggi dalam darah plasenta saat masih berada di kandungan. Untuk menghindari infeksi, Hal tersebut sebaiknya anda biarkan saja atau dibersihkan dengan sangat berhati-hati. Karena alasan yang sama, genital atau kemaluan bayi yang baru lahir juga sering membengkak, bahkan beberapa bayi perempuan mengeluarkan sedikit darah dari alat kelaminnya selama beberapa hari setelah kelahirannya.

Setelah memahami Tanda Bayi Sehat diatas, anda tentu tidak perlu khawatir apabila menurut anda ada beberapa hal yang tidak normal pada bayi. Karena mungkin hal tersebut, memang merupakan tanda-tanda bayi yang sehat. Dan apabila memang ada tanda-tanda tidak normal yang lain, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter anak yang anda percaya.

Ringkasan:
  • Bentuk Kepala bayi yang baru lahir secara normal biasanya lancip, namun akan pulih setelah beberapa waktu,
  • Ketidaknormalan kondisi fisik bayi akan pulih dengan bertambahnya umur bayi,
  • Konsultasi dengan dokter anak dengan segera, apabila ada keraguan mengenai kesehatan bayi di awal setelah kelahiran.

Post a Comment for "Tanda-Tanda Bayi Sehat setelah Dilahirkan"