Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Hypnobirthing Menghindarkan Rasa Sakit saat Persalinan



Rasa Nyeri saat Persalinan biasanya disebabkan oleh ketakutan dan pemikiran yang bermacam-macam saat Persalinan. Namun, saat ini hal tersebut dapat di kurangi dengan proses latihan relaksasi dan Teknik hypnobirthing. Rasa cemas pada banyak orang dewasa di akibat dari memori getaran kehidupan sejak berada di dalam kandungan. Rasa cemas dan stres yang berlebihan saat hamil sama berbahaya dengan ibu hamil yang merokok. Sehingga bisa menyebabkan bayi lahir prematur, kesulitan belajar, anak menjadi hiperaktif, bahkan mengalami autisme. Menurut Dr. Sarah lagi, stres yang berlebihan pada ibu hamil akan mengakibatkan kadar pregnanolone dalam tubuh tidak mencukupi.

Teknik relaksasi dan hypnobirthing ini dikembangkan dari berbagai pusat latihan di Amerika Serikat. Ibu hamil yang mengikuti latihan ini akan mengalami lebih sedikit komplikasi dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak terbiasa melakukan relaksasi. Kontraksi otot pada saat persalinan membantu leher rahim menjadi lunak, menipis, dan mendatar, kemudian menarik leher rahim. Saat itulah kepala janin akan menekan mulut rahim hingga membuka. Dari proses tersebut, tidak heran apabila Semua orang mengatakan bahwa melahirkan itu sakit sekali. Keuntungan lain dari Terapi Hypnobirthing akan mencegah kelelahan yang berlebihan saat persalinan. 

Metode Hypnobirthing

Teknik Hypnobirthing adalah dengan relaksasi penambahan sugesti melalui usapan dengan tangan, daerah bawah payudara hingga perut. Sebenarnya cara ini telah dilakukan secara natural oleh ibu-ibu hamil saat janinnya meronta dalam kandungan, yaitu ketika ibu akan mengusap perut sambil membisikkan kata-kata lembut untuk menenangkan janin dalam kandungan.

Untuk mengikuti program tersebut ada empat langkah yang harus dilakukan, diantaranya adalah:

  1.  Kepala dimiringkan di atas bahu kanan, kemudian diputar sampai di atas bahu kiri, kembali ke bahu kanan sampai delapan kali hitungan. Setelah itu jari kanan di atas bahu diputar ke belakang sebanyak delapan kali. Tangan tetap di atas bahu diputar ke depan sebanyak delapan kali.
  2.  Relaksasi otot bisa dilakukan dengan berbaring santai, lengan di samping kanan dan kiri, telapak tangan kanan menghadap ke atas. Tegangkan telapak kaki hingga lurus ke betis, paha, pinggul, dan dada. Tarik pundak ke atas dan kepal kedua telapak tangan kuat-kuat. Dahi dikerutkan, lidah ditarik ke arah langit-langit mulut.
  3. Relaksasi pernapasan dilakukan dengan keadaan berbaring, dengan otomatis napas akan terdorong ke arah perut. Tarik napas panjang melalui hidung sampai hitungan ke 10. Kemudian hembuskan napas perlahan-lahan melalui mulut, lakukan berulang hingga10 kali.
  4. Relaksasi pikiran, diwakili oleh indra mata. Setelah mata terpejam sejenak, buka mata perlahan-lahan sambil memandang satu titik tepat di atas mata, makin lama kelopak mata makin rileks, berkedip, dan setelah hitungan kelima tutup mata secara berlahan.


Pada saat ketiga unsur jiwa (perasaan, kemauan, dan pikiran) dan raga mencapai relaksasi, masukkan sugesti positif yang akan terekam dalam alam bawah sadar. Contoh sugesti positif yang bisa anda pikirkan adalah “Saya dan janin di dalam kandungan akan tumbuh sehat. Dan saat Persalinan akan menghadapinya dengan tenang”.

Ringkasan:

  • Rasa Nyeri saat Persalinan bisa diatasi dengan latihan terapi Hypnobirthing,
  • Teknik Hypnobirthing meliputi gerakan relaksasi dan pemberian sugesti positif,
  • Sugesti positif yang tertanam pada pikiran anda akan memperlancar proses persalinan.

Post a Comment for "Teknik Hypnobirthing Menghindarkan Rasa Sakit saat Persalinan"