Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi



Gambar Pemeriksaan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan Darah Tinggi, Hipertensi (HTN) atau hipertensi arteri, adalah kondisi medis dimana tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan tekanan darah ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah orang normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg sedangkan diastolik (bacaan bawah) adalah 60–90 mmHg. Namun pada penderita Tekanan darah tinggi akan terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Tekanan Darah Tinggi adalah faktor utama yang dapat menyebabkan Stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri, penyakit arteri perifer, dan penyakit ginjal kronik. Bahkan peningkatan sedang tekanan darah arteri dapat memperpendek harapan hidup penderitanya.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Adapun beberapa aspek yang mempengaruhi meningkatkan Resiko Tekanan Darah Tinggi adalah; Faktor keturunan, Usia, Kurang Gerak, Pola Makan (Tinggi Kalori, lemak, dan gula), Berat badan berlebih, Kebiasaan minum minuman beralkohol, Stres dan Kondisi penyakit yang lain.

Gejala Tekanan Darah Tinggi

Gejala Tekanan Darah Tinggi meliputi rasa tidak enak badan, detak jantung tidak beraturan, pusing, dan sakit kepala. Pusing dan sakit kepala biasanya dirasakan pada pagi hari setelah bangun tidur. Sedangkan tekanan darah tinggi sekunder biasanya menyertai penyakit kronis lain dengan gejala telinga berdengung. Waspadai juga Gejala lain seperti hidung berdarah, badan terasa lemas, serta wajah yang terlihat memerah.

Gejala Tekanan Darah Tinggi pada Pria, ditandai dengan disfungsi ereksi, andropause, dan gangguan penglihatan/mata. Hal tersebut disebabkan karena tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan arteri, termasuk pembuluh darah yang menuju alat kelamin pria.

Gejala Tekanan Darah Tinggi pada wanita ditandai dengan hypersensitive retinopathy dan dapat melukai pembuluh darah mata. Satu-satunya cara mengatasi Resiko tersebut adalah dengan usaha Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi memang bisa dilakukan dengan obat-obatan, namun tentu cara yang terbaik adalah dengan metode alami yang diantaranya adalah:


  • Olah raga teratur minimal satu hari dengan waktu setengah jam dalam seminggu
  • Konsumsi Pisang dapat menurunkan kandungan garam dalam tubuh anda. Kandungan garam yang terlalu banyak menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Maka dari itu anda juga harus mengurangi konsumsi garam,
  • Hentikan merokok dan konsumsi Alkohol, dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit darah tinggi dan penyakit mematikan yang lain,
  •  Kurangi Berat Badan, karena berat badan yang berlebih memicu terjadinya tekanan darah tinggi.
  • Mengurangi konsumsi kafein diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang anda alami.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, terutama saat pagi hari.
Beberapa Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi seperti diatas juga bisa digunakan sebagai metode pencegahan yang efektif. Pencegahan juga akan jauh lebih bermanfaat karena lebih hemat, tepat tidak menimbulkan efek samping, dan harapan hidup anda akan lebih panjang.

Ringkasan:

  • Tekanan Darah Tinggi adalah meningkatkan tekanan darah pada arteri.
  • Salah satu Penyebab Tekanan Darah Tinggi adalah tingkat stress, konsumsi Rokok dan Alkohol,
  • Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi bisa dengan Obat dan cara alami.

Post a Comment for "Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi"