Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Yoga saat Mengemudi untuk Anda

Gerakan Yoga saat Mengemudi
Sebagian besar dari penduduk di dunia yang tinggal di Negara maju seperti Amerika mempunyai rutinitas yang sangat sibuk dan tinggi. Terutama bagi anda yang sudah menikah, memiliki anak, memiliki pekerjaan, waktu akan sangat terasa sangat sempit. Kesibukan tersebut bisa saja membuat Anda melupakan aktivitas positif seperti berlatih kebugaran, melakukan hobi atau bersosialisasi dengan masyarakat bahkan dengan keluarga.

Untuk tetap menjaga kebugaran anda harus menjaga pola makan dan berolah raga. Untuk melakukan oleh raga yang paling ringan adalah dengan melakukan Yoga. Hal ini dikarenakan Yoga bisa dilakukan kapanpun, dimanapun bahkan ketika anda mengemudi dengan kendaraan. Dari banyak pernapasan pranayama yoga ada setidaknya 2 jenis yang berdiri sendiri: Breath of Fire (Napas Api) Pranayama Yoga dan Kapalbhati Yoga Pranayama.

Kedua jenis pranayama ini memiliki banyak manfaat, namun tetap sederhana dan mudah dilakukan termasuk ketika anda mengemudi. Bahkan ketika anda mengemudi bersama dengan keluarga, anda semua bisa melakukan latihan secara bersama-sama. Namun tetap jangan melakukan Jenis Yoga ini apabila dapat mempengaruhi kemampuan mengemudi anda.

Breath of Fire (Nafas Api) pranayama dan Kapalbhati pranayama adalah jenis latihan pernapasan yang mengaktifkan jalur energi dan dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Tidak diperlukan modifikasi yang signifikan untuk berlatih pranayama saat mengemudi sehingga Anda bisa mencobanya. Anda bisa memulai bernapas dengan cepat melalui hidung dengan memberikan tekanan yang sama saat menarik dan menghembuskan napas.

Biarkan perut dan diafragma tetap santai dan sesuaikan dengan irama nafas. Saat melakukan Nafas Api jangan memaksa udara masuk sangat dalam, melainkan mempertahankan napas di ujung hidung, lakukan pernapasan dengan cepat, pertahankan tubuh tetap santai dan mulailah latihan dengan menghembuskan napas dengan kuat. 

Saat menarik napas, lakukan dengan lebih lembut dibanding saat menghembuskannya dan tarik otot perut ke arah tulang belakang, dan saat menarik napas lepaskan otot perut secara natural. Anda mungkin juga akan menemukan aktifitas Yoga saat Mengemudi dengan latihan pranayama lain yang cocok. Yang terpenting, adalah latihan Yoga yang anda lakukan tersebut mengganggu fokus mengemudi Anda.

Ringkasan:


  • Aktifitas yoga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja,
  • Latihan Yoga yang mudah dan sederhana adalah dengan pengaturan napas saat berkendara,
  • Gerakan Yoga didalam kendaraan jangan sampai mengganggu konsentrasi mengemudi.

Post a Comment for "Tips Yoga saat Mengemudi untuk Anda"