Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui yang Tepat

Gambar Pil KB untuk Ibu Menyusui
Alat Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui tentu harus berfungsi untuk mencegah kehamilan, namun tidak boleh mempengaruhi produksi ASI. Beberapa alat kontrasepsi pada beberapa orang memang akan berpengaruh pada produksi ASI, dan akhirnya takut untuk menggunakan Alat Kontrasepsi untuk program KB yang dilakukannya.

Alat Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui sebaiknya sudah di pikirkan sebelum ibu melahirkan, sehingga setelah akhir masa nifas Ibu Menyusui sudah mempunyai pilihan metode KB yang akan digunakan. Pemberian ASI pada bayi secara langsung, sebenarnya menjadi salah satu cara Mencegah Kehamilan Secara Alami, karena dapat menekan Kesuburan Wanita. Semakin sering anda memberikan ASI kepada bayi anda, maka anda juga akan semakin terlindungi dari kehamilan.

Tingkat keefektifan metode ini akan maksimal apabila anda memperhatikan beberapa aspek seperti berikut:
  •  Memberikan ASI eksklusif kepada Bayi sesuai dengan keinginan bayi,
  • Usia Bayi di bawah usia enam bulan,
  • Mendahulukan pemberian ASI sebelum waktu makan buah hati anda,
  • Tetap memberikan ASI meski ibu atau bayi sedang sakit,
  • Hindari penggunaan botol, empeng atau nipple shield saat pemberian ASI,
  • Tidak mengalami haid setelah delapan minggu proses persalinan,

Namun memang cara diatas hanya mempunyai tingkat efektifitas 90%. Karena 10% ibu yang memberi ASI eksklusif masih juga mengalami kehamilan. Dan untuk memperbesar tingkat efektifitasnya, metode bisa dikombinasi dengan alat kontrasepsi yang lain.

Efek samping Pil, Suntik dan Implant Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui

Alat Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui yang sebaiknya dihindari adalah Pil, Implant dan Suntik KB yang mengandung hormon progesterone dan estrogen. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan efek samping berkurangnya produksi ASI pada Ibu Menyusui. Apabila anda tetap ingin menggunakan metode Pil gunakan saja pil KB yang hanya mengandung turunan hormon progesteron (mini pil).
Mini pil ini biasanya tidak mempengaruhi Produksi ASI. Efektifitas Mini Pil KB bisa dikombinasikan dengan pemberian ASI eksklusif. Dan setelah anda berhenti menyusui silahkan mengganti mini pil dengan pil yang mengandung hormon progesterone dan estrogen.

Metode Kontrasepsi Yang Tidak Mempengaruhi Produksi ASI

Alat Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui yang sering dipilih adalah kombinasi pemberian ASI eksklusif dengan metode KB  sederhana seperti penggunaan kondom, diafragma, atau Mencegah Kehamilan dengan Sistem Kalender. Namun apabila anda tidak lagi menyusui segera ganti metode KB dengan metode efektifitas yang lebih tinggi, seperti Kontrasepsi Mantap, AKDR atau spiral.

Ringkasan:
  • Alat Kontrasepsi yang mengandung hormon progesterone dan estrogen mempengaruhi produksi ASI
  • Alat Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui bertujuan untuk mencegah kehamilan dan menjaga produksi ASI,
  • Pemberian ASI Eksklusif juga menjadi salah satu metode kontrasepsi alami saat Menyusui.

Post a Comment for "Alat Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui yang Tepat"