Home » , , , , » Tips Mencegah Kehamilan dengan Perhitungan Masa Subur Wanita

Tips Mencegah Kehamilan dengan Perhitungan Masa Subur Wanita


Advertisement
Gambar Mencegah Kehamilan Saat KM
Tips Mencegah Kehamilan memang bisa dengan menggunakan beragam Alat Kontrasepsi. Namun masih banyak keluarga yang mengeluhkan beberapa efek samping saat penggunaannya. Sehingga saat ini KB dengan cara alami bisa menjadi pilihan tepat yang tidak menimbulkan efek samping, namun tetap dengan tingkat efisiensi yang tinggi.

Wanita Subur akan menghasilkan satu atau dua sel telur, setiap bulannya. Dari tahun ke tahun jumlah sel telur dalam tubuh ini akan terus berkurang dan semakin sedikit, hingga mencapai saat yang disebut menopause yang dimulai pada usia 45 – 50 tahun.

Metode KB dengan Perhitungan Masa Subur

Ovarium adalah salah satu organ reproduksi yang sangat penting bagi wanita, sebagai penghasil sel telur yang akan dibuahi Sperma. Setiap wanita normal mempunyai 2 sel telur yang terletak di bagian kiri dan kanan, yang berfungsi untuk menghasilkan hormon progesteron dan estrogen. Wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur, menjadi salah satu tanda bahwa fungsi hormon progesteron dan estrogen sehat atau normal.

Kunci keberhasilan KB dengan Perhitungan Masa Subur Wanita (Sistem Kalender) adalah perhitungan Siklus Menstruasi tersebut. Hal ini dikarenakan Tips Mencegah Kehamilan dengan Sistem Kalender hanya bisa dilakukan pada wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur.
Untuk memastikan bahwa anda mempunyai Siklus Menstruasi Teratur, minimal telah dilakukan pengamatan selama 3 kali siklus menstruasi (3 bulan). Siklus tetap dan teratur biasanya mempunyai jarak 28 hari. Dan Masa Subur Wanita terjadi pada hari ke 14 sebelum hari pertama menstruasi di bulan berikutnya.

Sebagai contoh, apabila anda mendapat siklus menstruasi teratur dan selesai pada tanggal 1, maka menstruasi bulan berikutnya akan datang sekitar tanggal 28. Dan pada tanggal 14  adalah masa subur bagi anda. Di tanggal tersebut sel telur matang dan siap dibuahi oleh sperma yang sehat. Bagi anda yang sedang melakukan Promil, Berhubungan Badan pada tanggal tersebut akan meningkatkan peluang kehamilan.

Namun bagi pelaku program KB dengan Sistem Kelander dan ingin menghindari kehamilan. Pantangan berhubungan badan adalah 2 - 3 hari sebelum masa subur  ditambah 2 - 3 hari setelah masa subur (yaitu antara tanggal 12 hingga tanggal 16). Hal ini dikarenakan  sperma yang sehat akan tetap bertahan hidup sampai 2 x 24 jam setelah ejakulasi. Program ini juga bisa dimaksimalkan dengan pengamatan lendir yang keluar dari vagina. Apabila lendir tersebut kental dan lebih elastis, diperkirakan istri anda masih dalam masa subur. Hari Pantangan Berhubungan Badan untuk pelaku KB tersebut, sangat disarankan bagi anda pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, untuk Berhubungan Badan (dua hari sekali).

Mencegah Kehamilan dengan Sistem Kalender sangat dianjurkan dari sisi hesehatan dan agama,  karena bersifat alamiah dan tidak menimbulkan efek samping. Memang kondisi tekanan mental, stres, kondisi gizi dan status kesehatan sangat berpengaruh terhadap kestabilan fungsi hormon (Siklus Menstruasi) pada wanita. Namun saat ini banyak Keluarga Berencana (KB) yang berhasil menggunakan metode kelender ini.

Ringkasan:

  • Tips Mencegah Kehamilan pada keluarga berencana (KB) sebaiknya dilakukan dengan cara alami,
  • KB dengan sistem Kalender salah satu cara mencegah kehamilan dengan cara alami tanpa efek samping,
  • Pantangan Berhubungan Badan Saat KB Sistem Kalender adalah 3 hari sebelum dan sesudah masa subur wanita.




Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger