Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Ibu Hamil Yang Dianjurkan Dan Manfaatnya

Gambar Makanan Ibu Hamil yang tidak dilarang
Makanan Ibu Hamil tentu harus sehat, dengan tujuan memberikan nutrisi, vitamin dan gizi yang cukup untuk ibu dan janin yang dikandungnya. Apabila Nutrisi Ibu dan janin terpenuhi, gangguan kehamilan bahkan hal terburuk dalam kehamilan akan terhindarkan. Apa saja makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil, dan manfaat yang di berikan akan kami informasikan kepada anda melalui beberapa penjelasan dibawah ini:

Manfaat Telur untuk Ibu Hamil

Telur mengandung 12 vitamin, mineral dan protein berkualitas, yang sangat penting untuk Ibu dan Janin di dalam kandungan. Protein di dari telur berfungsi untuk pertumbuhan sel-sel bayi. Telur juga mengandung kolin, yang berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan, kesehatan otak dan mencegah cacat tabung saraf pada bayi.  Beberapa jenis telur juga mengandung omega-3 yang penting untuk kecerdasan otak dan pengembangan penglihatan pada bayi anda.

Telur sebagai Makanan ibu Hamil yang sangat dianjurkan karena mengandung kolestrol yang tinggi, namun memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Sehingga Ibu hamil dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi satu atau dua butir telur dalam satu hari untuk menu diet harian.

Manfaat Kacang untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang untuk ibu hamil adalah untuk memenuhi kebutuhan serat dan protein pada ibu hamil. Serat dari jenis kacang-kacangan ini menghindarkan dari gangguan sembelit dan wasir. Mengkonsumsi jenis kacang-kacangan terutama menjadi sumber yang baik dari besi, seng, folat, dan kalsium.

Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

Ubi jalar yang berwarna oranye mengandung karotenoid, pigmen tanaman yang dikonvensi menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Sumber vitamin dari ubi jalar ini lebih bermanfaat dibandingkan vitamin A yang berasal dari sumber makanan hewani, seperi susu, hati, dan telus yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan memberikan efek negatif bagi ibu hamil. Sedangkan vitamin A yang didapatkan dari karotenoid yang ada pada ubi jalar, konsumsinya tidak perlu untuk dibatasi. Ubi jalar juga menjadi sumber vitamin C, folat, dan serat yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil.

Manfaat Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua untuk Ibu Hamil

Makanan Ibu Hamil yang sehat untuk selanjutnya adalah jenis sayuran daun berwarna hijau tua. Jenis Sayuran ini banyak mengandung vitamin dan nutrisi termasuk vitamin A, C, K dan folat yang sangat penting untuk  Ibu Hamil dan Janin. Contoh sayuran sehat ini adalah Daun Bayam dan brokoli.

Manfaat Daging tanpa Lemak untuk Ibu Hamil

Daging tanpa lemak ini tentu bisa anda dapatkan dengan memisahkannya dengan lemak yang menempel pada daging. Makanan olahan daging seperti hotdog bisa menjadi perantara bakteri dan parasit seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella kepada bayi. Jadi sebaiknya ibu menghindari makanan olahan Daging tanpa lemak tersebut.

Manfaat Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi beragam buah dan sayur beraneka warna akan memberikan nutrisi yang cukup untuk janin anda. Setiap kelompok warna yang berbeda akan memberikan manfaat vitamin, mineral, dan antioksidan yang berbeda juga untuk janin anda. Pada usia Kehamilan usia Trimester, seluruh spektrum buah dan sayuran yang anda konsumsi juga dapan dirasakan oleh bayi, melalui cairan ketuban. Sehingga konsumsilah buah dan sayur yang terasa enak bagi anda, sehingga bayi anda juga merasakan enak pada air ketuban yang melindunginya.

Beragam Makanan Ibu Hamil yang paling mudah didapatkan seperti tersebut diatas sebaiknya dilakukan secara bergantian, sehingga kebutuhan nutrisi dan vitamin akan seimbang dan tidak berlebihan. Anda juga bisa memilih Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil seperti Kripik Ikan Laut dan cemilan dari jenis kacang-kacangan. Apabila nutrisi, gizi dan vitamin ibu hamil dipenuhi sejak dari awal kehamilan, diharapkan proses persalinan dan saat anda menyusui juga akan berjalan lancar.

Ringkasan:
  • Makanan Ibu Hamil harus mengandung Vitamin, Nutrisi dan Gizi yang cukup untuk Ibu dan Janin,
  • Sebenarnya Makanan Sehat untuk Ibu Hamil ada disekitar anda dan mudah untuk didapatkan,
  • Pada akhir kehamilan bayi juga dapat merasakan apa yang anda konsumsi melalui air ketuban.

1 comment for "Makanan Ibu Hamil Yang Dianjurkan Dan Manfaatnya"

Dinasthi May 30, 2013 at 7:14 PM Delete Comment
makanan ibu hamil harus bergizi biar bayinya sehat... terimakasih