Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjaga Kesehatan Mata dengan Cara Alami

Menjaga Kesehatan Mata
Menjaga Kesehatan Mata tentu harus dilakukan oleh semua orang, karena mata adalah organ penting yang mendukung kegiatan anda dalam kehidupan. Saat ini banyak faktor yang menyebabkan mata lebih cepat rusak, mulai karena sebuah kecelakaan, terlalu lama didepan TV atau komputer, dan terjadi infeksi karena suatu sebab. Anda tentu tidak bisa membayangkan apabila mata anda tidak lagi sehat, pasti kehidupan terasa tidak sempurna.

Agar Kesehatan mata tetap terjaga, anda tentu harus melakukan usaha-usaha untuk melindunginya, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam mengandung zat lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang mampu mengurangi resiko penyakit katarak dan degenerasi macular pada mata.

Konsumsi Antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah berry, jeruk, tomat atau ceri dapat mengurangi kerusakan mata akibat radikal bebas dari pengaruh polusi lingkungan. Polusi radikal bebas ini akan mempercepat pengerasan lensa mata dan menjadi penyebab katarak dan degenerasi macular mata.

Konsumsi Multivitamin

Suplemen dengan antioksidan seperti vitamin E, C, beta-karoten, zat besi dapat memperlambat degenerasi makular pada orang-orang yang berisiko tinggi mengalaminya.

Konsumsi Omega-3

Omega-3 yang terdapat pada ikan laut seperti salmon dan tuna diketahui baik untuk perkembangan otak dan jantung. Namun berdasarkan penelitian terbaru didapatkan hasil bahwa asam lemak ini dapat mengurangi mata kering, dan mencegah katarak.

Konsumsi Wortel dan Labu

Wortel dan Labu mengandung zat beta karoten, karotenoid yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Melakukan Senam Aerobik

Berolahraga secara rutin, khusunya gerakan Aerobik diketahui dapat mengurangi tekanan di dalam mata sehingga membantu mengurangi risiko glaucoma pada mata anda.

Gunakan Kaca Mata Pelindung

Penggunaan Kaca Mata Pelindung baik itu saat bekerja, atau diluar ruangan juga merupakan salah satu usaha untuk Menjaga Kesehatan Mata. Sinar ultraviolet atau radiasi pada monitor komputer menghindarkan dari resiko katarak serta degenerasi macular.

Ringkasan:
  • Mata sebagai jendela dunia harus dijaga agar tetap sehat dan berfungsi maksimal,
  • Menjaga Kesehatan Mata secara alami harus dilakukan sejak kecil dan dilakukan secara terus menerus.

Post a Comment for "Menjaga Kesehatan Mata dengan Cara Alami"