Home » , , , » Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi Karena Milestone Perkembangan Bayi

Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi Karena Milestone Perkembangan Bayi


Gambar Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi
Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi umumnya disebabkan karena bayi sakit atau kondisi lingkungan yang terlalu berisik atau dingin. Meski Bayi terlihat banyak tidur, bukan berarti dirinya tidak pernah mengalami gangguan tidur. Apabila bayi terbangun secara tiba-tiba dari tidurnya bisa saja karena adanya perubahan di dalam tubuh. Perubahan kondisi tubuh ini biasanya juga terjadi ketika adanya milestone (tahap) perkembangan bayi.

Apa dan bagaimana tahapan perkembangan bayi yang biasanya mengganggu tidur anak tersebut, adalah sebagai berikut:


Cemas Ketika Ditinggal

Bayi dapat merasakan kecemasan ketika ditinggal ibu atau pengasuhnya di saat usia enam hingga tujuh bulan, atau di usia 12 hingga 18 bulan. Pada usia tersebut, bayi mulai merasa terhubung dengan orang-orang terdekatnya termasuk baby sisternya. Sehingga ketika mereka meninggalkannya, bayi merasa cemas dan akhirnya mengalami gangguan tidur. Maka ketika bayi anda tidur terpisah, berikan waktu lebih lama untuk menemaninya sebelum tidur. Hal ini akan membuat dirinya lebih lelap saat tidur.

Tumbuh gigi


Bayi dengan usia tiga bulan sudah mulai tumbuh gigi. Hal tersebut membuat bayi merasakan sakit, dan menjadi Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi.

Perkembangan motorik


Perkembangan motorik pada bayi seperti ketika baru bisa duduk, merangkak, dan berdiri memberikan semangat. Biasanya bayi akan menolak untuk tidur dan lebih aktif dengan kegiatan barunya tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa membiarkannya aktif di siang hari agar lebih lelah dan mudah tertidur ketika di malam hari. 

Perubahan Menu Makan


Beberapa bayi mungkin tidur lebih lama ketika mulai diberikan makanan padat. Hal ini dikarenakan  Bayi merasa kenyang lebih lama. Namun tidak sedikit juga bayi yang merasa reaksi pencernaan yang berlebihan sehingga membuatnya tidak nyaman dan sulit untuk bisa tertidur.

Mengalami Eksplorasi


Ketika bayi mendekati usia tiga tahun, dia akan mulai ingin mengeksplorasi kemampuannya, sehingga sulit untuk diajak tidur. Untuk itu anda bisa memberikan kegiatan menyenangkan sebelum tidur, seperti mendongeng atau belajar membaca.

Ringkasan:
  • Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi biasanya karena kondisi badan dan Perkembangan pertumbuhannya,
  • Perkembangan motorik dan tumbuhnya gigi juga bisa menjadi gangguan tidur bayi.




Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger