Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siklus Menstruasi tidak Teratur Menjadi Indikasi Awal Kanker Indung Telur

Siklus Menstruasi tidak Teratur

Siklus Menstruasi tidak Teratur biasa terjadi pada semua wanita, Namun apabila kelainan tersebut disertai dengan rasa sakit dan kram pada perut, anda sebaiknya lebih waspada. Rasa Nyeri dan periode menstruasi yang tidak teratur tersebut sebenarnya merupakan dua gejala yang berbeda namun kebetulan terjadi dalam waktu yang sama. 

Bahkan beberapa rasa nyeri tersebut bisa menjadi indikasi awal terjadinya gangguan Organ Reproduksi yang berbahaya. Adapun tiga penyakit serius yang juga sering ditandai dengan sakit perut dan periode datang bulan yang tidak teratur adalah sebagai berikut:
  1. Kista ovarium, adalah kantong berisi cairan yang akan hidup dan membesar di dalam indung telur. Kista dibagi menjadi kista folikel dan kista korpus luteus. Kista folikel terbentuk apabila proses ovulasi tidak terjadi atau ketika folikel matang pecah dengan sendirinya. Sedangkan adalah kista korpus luteum yang terjadi ketika kantong tidak diserap ke dalam tubuh setelah sel telur dilepaskan. Kemudian cairan akan mengisi kantong tersebut, akan tumbuh sampai 4 inci dan bisa menyebabkan pendarahan. Kista akan hilang dalam beberapa minggu dan tidak menyebabkan kanker.
  2. Kanker Indung Telur,  adalah pembunuh tersembunyi karena gejala kanker yang ditimbulkan mirip dengan penyakit lain yang tidak berbahaya. Bahkan jenin Kanker mematikan ini sering salah didiagnosis sebagai kanker usus besar. Gejala kanker indung telur meliputi rasa kenyang, tertekan pada perut, mulas, sakit pada panggul, selalu ingin buang air kecil, dan perubahan pada siklus menstruasi. Apabila diketahui saat awal, jenin kanker ini akan lebih mudah untuk disembuhkan.
  3. Autoimmune oophoritis, adalah inflamasi pada indung telur yang disebabkan tubuh menyerang selnya sendiri. Inflamasi menghasilkan pengerasan,perusakan, dan menyebabkan hilangnya kesuburan wanita. Kondisi ini juga menyebabkan penurunan produksi hormone pada organ reproduksi wanita. Penyakit ini juga menyebabkan sakit pada perut bagian bawah, lemas, demam, kurang berfungsinya vagina, dan tidak haid. Sampai saat ini belum ditemukan obat imunosupresan untuk kondisi Autoimmune oophoritis.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi tidak Teratur disertai rasa nyeri menjadi indikasai Kista ovarium, Kanker Indung Telur, atau Autoimmune oophoritis,
  • Gangguan Organ Reproduksi wanita harus segera diatasi agar tidak menyebabkan kemandulan atau kematian.

Post a Comment for "Siklus Menstruasi tidak Teratur Menjadi Indikasi Awal Kanker Indung Telur"