Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil


Kalender Masa Subur Wanita
Dengan Menghitung Masa Subur Wanita, tentu anda akan lebih mudah untuk mempunyai anak. Hal ini dikarenakan Karena, ketika terjadi persenggamahan yang tepat pada masa subur, apalagi pada masa ovulasi yaitu waktu puncak Kesuburan Wanita, Prosentase untuk terjadi kehamilan akan lebih mudah. Maka dari itu, bagi anda seorang Suami atau Istri yang ingin cepat mempunyai anak, harus mengetahui Kapan Masa Subur Istri dengan tepat. Dan bagi anda yang belum mengetahui bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Mudah, maka penjelasan dibawah ini harus anda perhatikan dan pahami.

Secara garis besar Masa Subur Wanita dibedakan antara masa Puncak Masa Subur dan masa subur biasa. Masa Puncak Subur Wanita adalah 13 hari sesudah hari pertama Haid (Hari Pertama Menstruasi + 13 hari). Sedangkan masa Subur Biasa pada wanita adalah; Masa Puncak Subur -3 hari sampai dengan Masa Puncak Subur + 3 hari. Sebagai contoh mudah penjelasan Masa Subur wanita adalah, apabila hari pertmaa Menstruasi adalah tanggal 10 maka tanggal Masa Puncak Subur anda pada tanggal 23, dan masa subur awal tanggal 20 dan masa subur akhir tanggal 26.

Sedangkan Bagi anda yang mempunyai siklus Menstruasi yang tidak teratur, maka anda harus mencatat panjang siklus haid minimal selama 6 siklus atau 6 bulan. Dan untuk perhitungannya adalah dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan makan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Dan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, akan diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Sebagai contoh perhitungan Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi yang tidak teratur adalah; apabila siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, Sehingga didapatkan masa subur anda antara hari ke 8 sampai hari ke 20.

Cara berikut adalah cara termudah dan mendekati ketepatan diatas 90 % lengkap dengan tabel, sebagai berikut :


Tabel berikut Perhitungan Masa Subur Wanita

Sirkulasi Menstruasi
Ovulasi
Periode Masa Subur
22
Hari ke - 8
Hari ke - 7 to 9
23
Hari ke - 9
Hari ke -  8 to 10
24
Hari ke - 10
Hari ke - 9 to 11
25
Hari ke - 11
Hari ke - 10 to 12
26
Hari ke - 12
Hari ke - 11 to 13
27
Hari ke - 13
Hari ke - 12 to 14
28
Hari ke - 14
Hari ke - 13 to 15
29
Hari ke - 15
Hari ke - 14 to 16
30
Hari ke - 16
Hari ke - 15 to 17
31
Hari ke - 17
Hari ke - 16 to 18
32
Hari ke - 18
Hari ke - 17 to 19
33
Hari ke - 19
Hari ke - 18 to 20
34
Hari ke - 20
Hari ke - 19 to 21
35
Hari ke - 21
Hari ke - 20 to 22
36
Hari ke - 22
Hari ke - 21 to 23

Sebagai contoh perhitungan, bisa disimulasikan seperti penjelasan berikut:
  • Awal menstruasi bulan lalu: 1 Januari,
  • Awal menstruasi bulan ini: 3 Februari,
  • Siklus menstruasi: 33 hari,
  • Ovulasi (Masa Puncak subur) : 22 Februari (19 hari sejak awal menstruasi bulan ini),
  • Masa subur: 21-23 Februari (sehari sebelum hingga sehari setelah ovulasi)

Jadi berdasarkan perhitungan diatas, masa subur anda berlangsung sekitar tiga hari. Namun tentu, bukan berarti di luar masa itu, wanita tidak mungkin hamil. Masa subur Wanita adalah waktu terbaik untuk terjadinya pembuahan di dalam Rahim. Jadi, di luar masa subur tersebut, tetap ada kemungkinan terjadi kehamilan. Dan perlu anda ketahui, bahwa dalam kondisi prima, sperma pria akan bertahan selama tujuh hari di rahim wanita.

Cara Lain yang lebih mudah mengetahui Masa Subur Wanita Untuk Hamil, adalah:
  • Gunakan alat tes masa subur yang bisa anda beli di Apotek. Untuk mengetahui masa subur, Alat digunakan dengan media air seni wanita dan mempunyai tingkat ketepatan 90% sampai 95%.
  • Metode lebih sederhana dan tradisional mengetahui Masa Subur Istri adalah dengan mengecek lendir leher rahim dengan jari. Rekatkan jari telunjuk dan ibu jari yang telah dioleskan lender leher rahim, lalu buat jarak 2 sampai 3 cm. Apabila lendir tersebut putus, maka istri anda dalam kondisi tidak subur dan jika tidak putus maka sedang dalam masa subur. Namun metode sederhana mengetahui Kesuburan Wanita ini hanya memiliki tingkat 60% s/d 70% saja.

Bagi anda Suami - Istri yang ingin mempunyai anak, juga bisa melakukan tips seperti ini; Saat berhubungan badan, dan ketika suami akan mengalami orgasme, sebaiknya mengubah posisi normal, yaitu posisi isteri telentang dibawah. Sesudah suami mengeluarkan air sperma di dalam rahim, usahakan bagi isteri untuk tetap tenang tiduran terlentang untuk beberapa menit, memberi kesempatan bagi sperma berenang mencapai telor dalam rahim dengan harapan terjadi pembuahan. Dan agar didapatkan hasil yang maksimal, selain Menghitung Masa Subur Wanita anda juga bisa Menghitung Masa Subur Pria (Suami).

Kesimpulan:
  • Mengetahui Masa Subur Wanita (Istri), merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan prosentasi terjadinya kehamilan,
  • Perhitungan Masa subur dipengaruhi sirkulasi Menstruasi yang Teratur atau tidak teratur,
  • Posisi Berhubungan Badan dan Masa Subur Pria (Suami) juga menjadi faktor penentu terjadinya kehamilan saat Promil,
  • Puncak Masa Subur Wanita Terjadi pada 13 hari setelah hari terakhir Haid (Darah Haid Tidak Keluar lagi).

Baca Juga:


Comments
1 Comments

1 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger