Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahraga untuk Ibu Hamil Agar Jantung Bayi Sehat


Olahraga pada Ibu Hamil disarankan untuk mengurangi rasa lelah akibat stres pada ibu hamil. Hal ini diperkuat oleh jurnal Psychology and Health yang menyebutkan bahwa beberapa ibu hamil yang tidak pernah melakukan olahraga disarankan untuk melakukan program latihan olahraga.  Dan didapatkan hasil positif terhadap Kesehatan Jantung Bayi.

Hal ini mematahkan anggapan mengenai keamanan olahraga untuk IbuHamil yang masih dianggap berbahaya. Untuk itu para peneliti terus mensosialisasikan terhadap perempuan, keluarga, dan praktisi kesehatan mengenai panduan, manfaat, dan hambatan yang berkaitan dengan olahraga untuk Ibu Hamil.

Penelitian tersebut menyarankan ibu hamil  untuk melakukan olahraga selama empat minggu. Dari penelitian tersebut ternyata terjadi peningkatan signifikan suasana hati, bahkan mengurangi tingkat kelelahan ibu hamil. Kelainan mood setelah persalinan (depresi postnatal) memang sering terjadi.

Namun perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya tingkat depresi, kecemasan, dan kelelahan lebih tinggi terjadi pada saat kehamilan. Anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang mengalami depresi saat hamil akan memiliki tingkat kortisol (hormon stres) lebih tinggi, merusak kemampuan kognitif dan meningkatnya risiko gangguan pertumbuhan dan mental yang lebih besar pada saat remaja.

Kondisi lelah saat hamil juga akan meningkatkan risiko persalinan caesar, gangguan tidur, dan berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental. Sehingga dengan olahraga saat hamil diharapkan akan meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis ibu hamil. Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, diketahui bayi yang dilahirkan dari ibu yang rajin berlatih aerobik saat hamil akan memiliki jantung yang lebih sehat. Hal ini ditandai dengan detak jantung yang lebih rendah.

Para peneliti nyakin bahwa olahraga untuk Ibu Hamil yang dilakukan rutin akan memberikan dampak positif sampai usia bayi dewasa, seperti menurunkan risiko penyakit stroke, diabetes, hipertensi dan jantung. Jantung merupakan otot, yang apabila lebih kuat maka detak jantung akan menurun sehingga tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah keseluruh tubuh.


Ringkasan:
  • Olahraga untuk Ibu Hamil memberikan dampak positif untuk kesehatan Jantung Anak,
  • Ibu Hamil yang Depresi akan meningkatkan resiko persalinan caesar, gangguan tidur, dan mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Post a Comment for "Olahraga untuk Ibu Hamil Agar Jantung Bayi Sehat"