Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Produksi ASI dipengaruhi oleh tujuh Aspek Utama


Gambar Produksi ASI Ibu Menyusui
Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh dipengaruhi oleh banyak faktor, namun yang peling utama adalah aspek hormonal yaitu oksitosin dan prolaktin. Kedua hormon tersebut akan memproduksi ASI lebih banyak dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi dan rangsangan yang dipicu dari frekuensi hisapan bayi pada puting.

Selain kedua hormon tersebut, ada tujuh faktor lain yang akan memengaruhi produksi ASI ibu menyusui, yang diantaranya adalah:


  1. Asupan makanan, yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui tentu adalah makanan bergizi dan dikonsumsi secara seimbang dan teratur. hindari makanan yang banyak mengandung gula, lemak, cabai, jahe, merica, kopi, seperti kol, sawi, dan daun bawang.
  2. Kondisi psikis, Ibu menyusui yang saat emosi akan mempengaruhi refleks mengalirnya Air Susu.  kondisi cemas,vstres, khawatir, dan tegang, biasanya terjadi setelah persalinan sehingga pengaliran susu belum sepenuhnya berfungsi. Produksi ASI ini akan berfungsi normal setelah kembali rileks.
  3. Perawatan payudara, sebaiknya dilakukan mulai dari saat kehamilan.  Hal ini akan memperlancar produksi ASI saat menyusui, karena hormon progesenyteron, estrogen dan oksitosin yang dihasilkan akan lebih banyak.
  4. Frekuensi bayi menyusu, yang lebih sering akan lebih memperbanyak produksi ASI.  semakin banyak. Anda tentu tahu apabila mulut bayi menyentuh puting, maka refleks mengisapnya segera bekerja. Sehingga apabila ibu jarang menyusui atau berlangsung hanya sebentar maka hisapan bayi berkurang. Dan akan memberikan efek  produksi ASI berkurang.
  5. Bayi kurang bisa menghisap ASI, yang disebabkan perlekatan yang kurang sempurna disebabkan yang struktur mulut dan rahang yang tidak baik.
  6. Pengaruh obat-obatan, yang dikonsumsi mengandung hormon memengaruhi hormon prolaktin dan oksitosin yang berfungsi dalam produksi ASI Ibu Menyusui.
  7. Penggunaan alat kontrasepsi, pada ibu menyusui biasanya juga akan memengaruhi jumlah produksi ASI. Untuk itu pemilihan alat KB harus diperhatikan dan dipilih secara tepat. KB Alami dengan perhitungan masa subur, bisa menjadi pilihan alat kontrasepsi yang aman dan alami.

Ringkasan:

  • Aspek utama yang mempengaruhi Produksi Asi Ibu Menyusui adalah terganggunya aspek hormon oksitosin dan prolaktin,
  • KB alami bisa menjadi solusi berkurangnya produksi ASI karena penggunaan alat kontrasepsi.

Post a Comment for "Produksi ASI dipengaruhi oleh tujuh Aspek Utama"