Senam Ibu Hamil untuk Posisi Bayi Sungsang

Gerakan Senam Ibu Hamil
Senam Ibu Hamil dilakukan tidak hanya untuk menjaga kebugaran saat hamil dan saat persalinan. Namun Gerakan-gerakan Senam Hamil tertentu juga bisa bermanfaat untuk memperbaiki posisi bayi sungsang (posisi janin tidak pada posisi yang seharusnya) ketika siap dilahirkan.

Mitos yang telah banyak masyarakat ketahui, bayi sungsang bisa diperbaiki dengan pemijatan. Namun hal tersebut dianggap tidak tepat, dan berbahaya untuk ibu dan bayi di dalam kandungan. Dan tentu Senam Ibu Hamil, adalah hal yang paling aman untuk memperbaiki posisi bayi sungsang. Adapun beberapa gerakan senam hamil tersebut diantaranya adalah:
  • Knee chest position, adalah posisi seperti posisi menungging ke arah samping. Lakukan gerakan senam ini jangan sampai terlalu kuat untuk menekan perut. Lakukan gerakan ini selama satu menit, kemudian atur nafas dan ambil nafas dalam sebanyak sepuluh kali. Lakukan berulang gerakan ini sampai beberapa kali, sesuai kekuatan anda.
  • Berenang untuk ibu hamil berfungsi agar tubuh dan panggul longgar dan santai. Hal ini tentu akan lebih mudah bayi memutar.
  • Yoga Headstand, adalah posisi yoga dengan kaki berada diatas (sebaiknya dilakukan dengan bantuan orang lain). Yoga Headstand tidak boleh dilakukan ibu hamil yang menderita anemia atau hipertensi, dan juga dilakukan oleh ibu yang sudah terbiasa dengan posisi yoga tersebut.
Yoga Headstand untuk Ibu Hamil Bayi Sungsang

  • Merangkak seperti kucing, dimulai dengan gerakan merangkak, setalah beberapa saat secara perlahan sambil tarik nafas, lengkungkan punggung seperti kucing sedang marah.
  • Yoga downward position, adalah posisi Senam Hamil mengangkat pantat dan perut dengan menggunakan kedua kaki dan tangan, hingga posisi melengkung pantat berada di bagian atas.
Yoga downward position untuk bayi Sungsang

  • Belly Relaxing menggunakan tehnik Rebozo. Gerakan ini harus dilakukan bersama Suami atau keluarga anda yang lain yang mempunyai tenaga kuat. Teknik senam Hamil adalah dengan meletakkan selendang yang cukup panjang dibawah pinggul ibu saat berbaring di lantai. Angkat kedua ujung kain dan gerakkan bergetar dari sisi ke sisi kain dengan tangan ke atas dan ke bawah hingga perut ibu hamil bergoyang. Gerakan ini harus sangat kecil dan ibu harus sangat santai, dilakukan sekitar 5 menit. Untuk selanjutnya Ibu hamil dilanjutkan dengan berlutut di tangga. Letakan posisi tangan di tangga bawah sedangkan lutut dan kaki berada di 2 atau 3 tangga yang lebih atas (sehingga posisi kepala berada di atas). Pada posisi ini, suami membantu untuk menopang bahu. Lakukan gerakan ini selama 5-10 menit atau sekuat tubuh ibu hamil melakukannya.
Belly Relaxing Senam Bayi Sungsang

Selain gerakan senam hamil tersebut diatas, anda juga bisa memperbaiki posisi janin sungsang dengan melakukan kegiatan sebagai berikut:
  • Lakukan relaksasi hypnobirthing, yaitu dengan mengajak bayi bicara untuk minta tolong padanya agar kepala bergerak turun kebawah. Visualisasikan pergerakan bayi dengan kepala yang sangat dalam masuk ke dalam panggul. Hal ini bisa dilakukan minimal 2 kali sehari.
  • Memutar musik klasik (dengan headphone) yang diletakan di perut bagian bawah dekat tulang kemaluan. Pemutaran ini musik klasik ini bisa dilakukan selama 10 menit 6-8 kali sehari.
  • Sinari perut dengan lampu senter, dengan bergerak perlahan dari puncak rahim turun ke arah tulang kemaluan. Cara ini dilakukan saat Anda berada dalam posisi miring.

Gerakan atau usaha untuk memperbaiki posisi bayi sungsang akan lebih mudah dilakukan sebelum usia kehamilan delapan bulan. Karena apabila dilakukan setelah usia delapan bulan, ruang rahim sudah semakin sempit dan ukuran tubuh janin yang sudah membesar.

Ringkasan:
  • Memperbaiki posisi bayi sungsang dengan pemijatan akan membahayakan ibu dan janin,
  • Senam Ibu Hamil dengan gerakan tertentu mampu memperbaiki posisi bayi sungsang sebelum berusia delapan bulan.



Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger