Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasinya

Foto Proses Persalinan Bayi Sungsang
Bayi Sungsang adalah kondisi janin yang siap dilahirkan tidak berada pada posisi yang seharusnya, yaitu dengan posisi kepala masuk ke rongga panggul dengan kaki diatas. Hal ini memang sering terjadi pada Ibu Hamil, yang dikarenakan sampai kehamilan 28 minggu, janin biasanya masih bebas bergerak sesukanya. Berat badan janin yang masih lebih ringan dibandingkan rahim, akan mempermudah pergerakan janin di dalam kandungan. Dan ketika usia kehamilan mencapai 34-36 minggu, bayi seharusnya sudah dalam posisi siap untuk dilahirkan. Namun, Bayi sungsang biasanya berada pada posisi, bukan kepala yang rongga panggul ibu namun bukan kaki atau bokong.

Tipe Bayi Sungsang

Posisi janin sungsang bisa diketahui dengan USG yang dilakukan Dokter atau Bidan. Adapun jenis posisi bayi sungsang terbagi menjadi tiga yang diantaranya, adalah: 


  1. Complete breech (sungsang Janin sempurna), posisi bokong janin berada di atas mulut rahim, kedua kaki terlipat sempurna, menghadap ke atas dan sejajar dengan telinga. Dilihat secara sekilas, posisi janin seperti posisi jongkok.
  2. Frank breech, adalah janin sungsang dengan posisi bokong berada di bawah, kedua tungkai terangkat ke atas dan hampir menyentuh telinga, sejajar dengan bahu atau kepala. 65-70% dari seluruh bayi sungsang mengalami posisi Frank breech ini.
  3. Incomplete breech (sungsang Janin tidak sempurna), adalah kondisi ketika satu kaki janin berada di atas sedangkan kaki lainnya berada di bawah.

Penyebab Bayi Sungsang
Penyebab pasti terjadinya posisi yang tidak normal pada bayi secara pasti memang belum diketahui, , namun bayi sungsang akan lebih banyak ditemukan pada kasus kehamilan:
  • Kehamilan kembar.
  • Calon Ibu pernah melahirkan bayi secara prematur.  
  •  Air ketuban di dalam janin terlalu banyak sehingga janin bebas bergerak bahkan untuk berputar-putar.
  • Ibu hamil Mengalami plasenta previa, yaitu Plasenta yang menutupi jalan lahir. Hal ini akan mengurangi ruangan dalam rahim sehingga bayi akan bergerak dan berputar-putar, berusaha mencari tempat yang lebih luas yaitu di bagian atas. Gangguan kehamilan ini memungkinkan bayi mengubah posisi dan akhirnya tidak pas pada posisi siap untuk dilahirkan.
  • Ibu hamil memiliki Panggul sempit, sehingga mendorong janin mengubah posisinya.

Selain Bayi Sungsang, ada satu lagi posisi janin abnormal yaitu bayi melintang horisontal (transverse pregnancy). Pada kasus ini bayi dalam posisi melintang terhadap sumbu tubuh ibu (kepala pada sisi yang satu dan bokong pada sisi lain, kiri atau kanan).

Mengatasi Bayi Sungsang

Ibu hamil yang mengalami kasus Bayi sungsang ataupun melintang horizontal akan lebih mudah membenarkan posisi bayi pada usia sebelum 34-35 minggu usia kehamilan. Adapun cara Membenarkan posisi janin adalah dengan cara: melakukan gerakan sujud (menungging) secara rutin sehari 3 kali dengan waktu sekitar 3 menit. Posisi jongkok seperti saat mengepel lantai dengan menggunakan tangan, juga dipercaya mampu memperbaiki posisi Bayi Sungsang. Jangan membenarkan posisi janin dengan pijat pada dukun pijat tradisional, karena akan sangat berbahaya.

IbuHamil yang mengalami kasus janin sungsang tidak perlu cemas atau khawatir secara berlebihan. Karena meski posisi bayi tidak tepat, proses persalinan Normal (Tidak Caesar) tetap bisa dilakukan. Persalinan Normal pada Bayi Sungsang harus memenuhi syarat: berat badan bayi tidak terlalu besar, kondisi jalan lahir ibu baik, tidak ada tumor, dan panggul ibu tidak terlalu sempit.



Dan tentu saja persalinan normal untuk Janin Sungsang harus dilakukan dirumah sakit, dengan dukungan alat-alat yang mendukung, seperti fetoscope dan ketersediaan kamar operasi yang siap digunakan apabila terjadi komplikasi pada persalinan sungsang.


Ringkasan:
  • Bayi Sungsang adalah ketika kondisi janin tidak ada pada jalan lahir yang benar, kepala pada posisi pinggul ibu,
  • Kasus kelainan poisi kehamilan selain bayi sungsang adalah juga bayi melintang horizontal,
  • Persalinan Normal Bayi Sungsang masih mungkin dilakukan dengan beberapa syarat dan dilakukan di rumah sakit.

Post a Comment for "Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasinya"