Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Infeksi Toxoplasma Mengancam Kesehatan Ibu Hamil

Bahaya Infeksi Toxoplasma pada Ibu Hamil
Infeksi Toxoplasma adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma Gondii, dan semua orang bisa terkena infeksi Toxoplasma. Infeksi ini bersumber dai tinja/kotoran kucing, hewan potong yang terinfeksi, ibu hamil yang terinfeksi, organ/donor yang terinfeksi.

Orang dapat terinfeksi Toxoplasma dari makan sayuran/buah-buahan yang terinfeksi tinja kucing yang teinfeksi, makan daging mentah atau kurang matang, kontaminasi pada mata atau mulut, penularan dari ibu ke janin, transplantasi organ dan transfusi darah.

Infeksi Toxoplasma yang menginfeksi orang dewasa dan anak-anak yang mempunyai sistem kekebalan baik tidak berbahaya. Namun parasit ini akan berbahaya bagi ibu hamil yang mengalami infeksi primer (infeksi yang pertama kali sepanjang hidupnya) atau orang yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Diagnosis Infeksi Toxoplasma

Infeksi Toxoplasma sering tidak menimbulkan tanda-tanda dan apabila ada tidak terlalu spesifik, sehingga dokter atau bahkan penderita tidak menyadarinya. Dan untuk memastikan terjadinya kontaminasi, perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan ini meliputi; pemeriksaan parasit dan pemeriksaan antibodi Toxoplasma (Anti-Toxoplasma IgM, Anti-Toxoplasma IgG dan Aviditas Anti-Toxo IgG.

Pemerikaan yang pertama kali adalah Antibodi IgG dan IgM Toxoplasma. Apabila hasilnya negatif, maka perlu dipantau selama kehamilan idealnya 3 bulan sekali atau sesuai dengan anjuran dokter.

Pemeriksaan Infeksi Toxoplasma perlu dilakukan pada Wanita yang akan Hamil, Wanita Hamil, bayi yang dilahirkan dari ibu yang terinfeksi dan penderita yang diduga terinfeksi. 

Ringkasan:
  • Infeksi Toxoplasma disebabkan oleh parasit Toxoplasma Gondii yang mengganggu daya tahan tubuh,
  • Parasit Toxoplasma Gondii ditularkan dari makanan dan dari Ibu Ke Janin
Bersama +KOMPAS.com , +KapanLagi.com 

Post a Comment for "Infeksi Toxoplasma Mengancam Kesehatan Ibu Hamil"