Home » , , , » Mengatasi Masalah Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Mengatasi Masalah Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Masalah Kesehatan Masyarakat di Indonesia
Masalah Kesehatan Masyarakat Negara Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 200 Juta jiwa tentu sangat beragam. Masalah Kesehatan khususnya negara berkembang seperti Indonesia begitu kompleks dan harus segera diatasi dengan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, saat ini pemerintah telah membentuk badan khusus secara formal yang menangani masalah kesehatan masyarakat, yaitu  Kementrian kesehatan dengan visinya Masyarakat Sehat Yang Mandiri dan Berkeadilan.

Adapun untuk mempermudah memahami Masalah Kesehatan Masyarakat yang sering terjadi, maka perlu dikelompokan menjadi:
  • Masalah perilaku kesehatan, genetik, lingkungan dan pelayanan kesehatan berkesinambungan yang meningkat ke masalah kesehatan ibu dan anak.
  • Masalah gizi dan beragam penyakit menular dan tidak menular. 
  • Masalah Kesehatan bisa terjadi pada masyarakat umum atau kelompok berisiko tinggi (bayi, balita dan ibu), Manula dan para pekerja.
Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni dengan tujuan mencegah penyakit, memperpanjang hidup, mempromosikan kesehatan dan efisiensi dengan menggerakkan potensi seluruh masyarakat dan tenaga medis. Adapun konsep kesehatan masyarakat berhubungan dengan perubahan perilaku sehat akan lebih terbentuk dan bertahan lama bila dilandasi kesadaran sendiri dari masyarakat dan tenaga medis. Hal ini sejalan dengan konsep upaya sehat dari, oleh dan untuk masyarakat yang tepat untuk diterapkan.

Cara lain yang sudah ditempuh oleh pemerintah, adalah dengan mengembangkan konsep Desa Siaga dengan menggunakan pendekatan, pengenalan dan pemecahan masalah kesehatan dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri. Peranan tenaga medis sebagai stimulator ditunjuk untuk memberikan pelatihan penerapan Desa Siaga.

Kegiatan pelatihan Desa Siaga bertujuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat, dengan mengenalkan masalah kesehatan dan penyakit yang banyak terjadi dalam lingkungan mereka, dan dilanjutkan survey mawas diri (SMD) dan upaya mengatasi masalah kesehatan yang disepakati masyarakat berupa musyawarah masyarakat desa (MMD). Pembentukan Desa Siaga diharapkan, mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dapat lebih cepat dan tahan lama, karena masyarakat mampu berusaha sendiri untuk kesehatan dirinya dan keluarga.

Ringkasan:
  • Masalah Kesehatan Masyarakat yang beragam di Indonesia diatasi dengan pembentukan Desa Sehat,
  • Dengan Desa Sehat, diharapkan Masyarakat mampu menangani masalah kesehatan diri, keluarga bahkan lingkungan masyarakat sekitar.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger