Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantangan Makanan Ibu Menyusui untuk Kesehatan Bayi

Gambar Pantangan Makanan Ibu Menyusui
Pantangan Makanan Ibu Menyusui sebaiknya dihindari karena tidak hanya akan berpengaruh terhadap produksi ASI, tapi bisa berdampak buruk untuk kesehatan bayi yang anda susui. Untuk memroduksi 600-800 ml ASI per hari, seorang ibu menyusui membutuhkan tambahan 500 kalori. Namun apabila bayi rewel, ruam, atau bahkan menimbulkan gejala alergi, sebaiknya perhatikan lagi apa yang anda konsumsi. Adapun Makanan yang sebaiknya anda hindari adalah sebagai berikut:

Soda dan Kafein

Soda dan kafein yang dikonsumsi ibu hamil dapat menimbulkan gas yang membuat perut ibu maupun bayi menjadi tidak nyaman. Jenis minuman ini harus dihindari karena kafein akan menggangu metabolisme, sehingga harus dihindari terutama apabila anda masih menyusui bayi usia dibawah satu tahun.

Jeruk

Meskipun buah jeruk baik untuk meningkatkan energi ibu menyusui, namun kandungan asam yang terlalu tinggi pada jeruk diketahui dapat mengganggu sistem pencernaan bayi yang anda susui. Hal ini ditandai dengan bayi menjadi rewel dan mengalami ruam popok. Sebagai pengganti  sumber vitamin C, ibu hamil bisa mengkonsumsi jambu merah, mangga, dan pepaya.

Brokoli dan Bunga Kol

Brokoli dan Bunga kol yang dikonsumsi ibu hamil menyebabkan perut bayi mulas dan sering kentut karena efek gas yang ditimbulkan. Sebagai pengganti, sayuran tersebut anda bisa mengkonsumsi bayam atau wortel. 


Makanan Pedas dan Dengan Santan

Makanan pedas dan Dengan Santan sangat tidak disarankan bagi pencernaan bayi yang belum sempurna. Rasa ASI biasanya juga akan terpengaruh apabila anda mengkonsumsi makanan pedas atau bawang putih. Untuk mengganti sensasi rasa pedas, anda bisa menggantinya dengan jahe.

Makanan yang Memicu Alergi

Makanan pemicu elergi pertama yang harus dihindari adalah makanan dahulu juga menimbulkan elergi. Beberapa makanan yang juga sering menimbulkan elergi adalah Gandum, susu sapi, dan telur ayam. Apabila setelah anda mengkonsumsi salah satu makanan tersebut, bayi anda rewel atau menimbulkan gejala elergi seperti muntah, atau bentol-bentol sebaiknya anda menghindari makanan tersebut di lain waktu.

Ringkasan:
  • Pantangan Makanan Ibu Menyusui dihindari untuk menghindari elergi dan gangguan pencernaan pada bayi,
  • Soda dan Kafein, Jeruk, Brokoli dan Bunga Kol, Makanan Pedas, Bersantan, dan Makanan yang Memicu Alergi.

Post a Comment for "Pantangan Makanan Ibu Menyusui untuk Kesehatan Bayi"