Home » , , » Pantangan Makanan Ibu Menyusui agar ASI Lebih Berkualitas

Pantangan Makanan Ibu Menyusui agar ASI Lebih Berkualitas

Gambar Pantangan Makanan Ibu Menyusui
Pantangan Makanan Ibu Menyusui bertujuan untuk menghindarkan efek buruk terhadap bayi akan setelah dirinya mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Bayi biasanya membutuhkan 600- 800 ml ASI per hari. Dan untuk memenuhinya Ibu Menyusui harus mengkonsumsi tambahan kalori 500 kkal. Namun karena takut terjadi efek buruk terhadap bayi, beberapa Ibu Menyusui memilih untuk sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, bahkan beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi akhirnya juga dihindarinya.

Beberapa makanan seperti produk olahan susu (es krim, yogurt, keju, dll), kacang, telur, dan beberapa makanan laut (ikan hiu, makarel, swordfish (todak), dan tilefish), sebaiknya hindari karena berpotensi menyebabkan gangguan pada pencernaan buah hati anda. Adapun Pantangan Makanan Ibu Menyusui adalah sebagai berikut:
  • Rokok dan Alkohol
  • Kurangi konsumsi kafein yang terdapat pada kopi, coklat, teh dan beberapa jenis minuman ringan atau obat. Air putih atau jus buah adalah minuman terbaik untuk Ibu Menyusui.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat dari nasi, dan ganti dengan karbohidrat kompleks yang terdapat pada beras merah.
  • Apabila Bayi mengalami alergi, segera hentikan makanan yang anda konsumsi sebelumnya, selama menyusui.
  • Jangan mengkonsumsi obat apapun tanpa resep dokter.
Makanan Yang Dianjurkan untuk Ibu Menyusui

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi Ibu Menyusui adalah jenis makanan yang dapat menambah kalori kira-kira 500 kkal, yang diantaranya adalah:
  • Minum air putih lebih banyak, karena Ibu menyusui akan merasa lebih cepat haus karena sebagian cairan tersebut digunakan untuk memproduksi ASI. Ibu Menyusui sedikitnya minum 2 liter air putih per hari. Hal tersebut juga disertai konsumsi susu dan buah, sehingga cairan dalam tubuh cukup. Air seni ibu hamil yang cukup minum akan berwarna kuning muda.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium, seperti daging, ikan rendah merkuri, susu murni serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c, zinc zat besi (sayur bayam, kangkung, katuk) dan kalsium.
Ringkasan:
  • Pantangan Makanan Ibu Menyusui, adalah makanan yang menyebabkan elergi dan beresiko mengandung merkuri,
  • Tambahan asupan yang dapat menambah 500 kkal, perlu dilakukan oleh Ibu Menyusui,

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger